Mengintip Taktik Komunikasi IndiHome Lewat Blogger Marketing

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
24 Juni 2022
marketeers article
Ilustrasi: 123RF
IndiHome kembali menggelar Blog Competition 2022. Ajang ini ditujukan bagi para blogger untuk berunjuk gigi dalam berkonten. Di sisi lain, upaya ini menjadi taktik komunikasi perusahaan, khususnya untuk menangkap audiens dari para blogger.
E. Kurniawan, Vice President Marketing Management IndiHome mengatakan, blogger merupakan mitra strategis bagi IndiHome. Blogger merupakan salah satu pilar penting dalam pengembangan konten digital secara luas. Nilai itulah yang sejalan dengan IndiHome selaku entitas infrastruktur jaringan internet nasional.
“Ini adalah kali kedua lomba blogger diselenggarakan. Sejak kompetisi yang pertama, kami mendapatkan banyak sekali masukan yang membangun dari para blogger untuk IndiHome. Karena itu, pada lomba kali ini kami memperdalam angle spesifik karena internet sudah menjangkau hampir semua sendi kehidupan sosial-ekonomi masyarakat,” kata E. Kurniawan dalam laporan perusahaan.
Dalam lomba ini, blogger dipersilakan untuk menulis segala sesuatu tentang manfaat internet yang sangat luas dalam kehidupan masyarakat. Membawa tema kompetisi “Manfaat Tak Terbatas Internetnya Indonesia”, IndiHome menyiapkan total hadiah Rp 170 juta.
Para blogger segala umur bisa mengeksplorasi idenya ke dalam 10 sub-tema yang ada. Sub-tema yang tersedia, terdiri dari Internet dan Teknologi (ICT); Gamer & eSport; Lifestyle; Pendidikan; Creative & Culture; Parenting; Tourism & Hospitality; Ekonomi dan Bisnis; Kesehatan; dan Profesi. Pendaftaran dibuka sejak 17 Juni hingga 17 Juli 2022.
Tidak ada batasan eksplorasi konten yang akan menghambat para blogger dalam mengikuti kompetisi ini. Blogger juga dibebaskan berkreasi menggunakan Bahasa Indonesia informal namun tetap sopan dan tidak melanggar asas kesantunan masyarakat. Dalam mempercantik konten, penggunaan infografis, citra foto, hingga video turut mendapat sambutan baik.
“Terpenting, karya merupakan ciptaan orisinal tanpa adanya pelanggaran hak cipta pihak lain dan potensi pelanggaran hukum lainnya. Selain itu, blogger-blogger terbaik di masing-masing sub tema berkesempatan mendapatkan kontrak eksklusif dengan IndiHome,” tutup E. Kurniawan.
Blogger marketing memang kerap digunakan oleh para brand sebagai alat mengkomunikasikan content marketing. Komunikasi ini umumnya dilakukan untuk menyasar audiens secara langsung dan personal. Bukan tidak mungkin juga, lewat blogger, para brand bisa mendorong content marketing-nya menjadi sesuatu yang viral atau jamak dibicarakan.

Related