Consumer Goods

Menilik Kampanye Senyum Sehat dari Pepsodent

Sumber: 123rf

PT Unilever Indonesia, Tbk. melalui merek Pepsodent menggandeng FDI World Dental Federation dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia menginisiasi kampanye Senyum Sehat untuk Hidup yang Lebih Sehat. Kampanye yang dilakukan dalam rangka Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2021 ini berusaha mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan gigi dan mulut untuk menciptakan kualitas kesehatan keluarga yang semakin baik.

Survei global Pepsodent pada tahun 2020 di delapan negara, termasuk Indonesia menunjukkan fakta yang cukup memprihatikan. Setidaknya ada 70% masyarakat Indonesia yang lebih fokus menjaga kesehatan fisik dan mental dan tidak memprioritaskan kesehatan gigi dan mulut. Bahkan, 30% responden pernah tidak sikat gigi dalam sehari. 46% di antaranya merasa malas.

Padahal, kesehatan gigi dan mulut tergolong penting untuk dijaga. Tidak hanya karena gigi dan mulut juga merupakan bagian dari tubuh, tapi gigi dan mulut juga bisa menjadi tameng pertama untuk mencegah penyakit yang lebih serius. Drg Oscar Primadi, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI menjelaskan bahwa gigi dan mulut adalah bagian integral dari kesehatan tubuh secara keseluruhan.

“Banyak yang masih tidak memahami bahwa banyak penyakit yang disebabkan akibat gigi dan mulut yang tidak sehat. Contohnya, masuknya bakteri ke dalam tubuh dari gigi dan mulut dan menimbulkan infeksi pada organ tubuh lain. Perilaku dasar seperti menyikat gigi bisa menjadi cara awal untuk menjaga kesehatan tubuh secara holistik. Untuk itu, perlu adanya langkah edukasi untuk memperluas kebiasaan baik ini,” katanya.

Berangkat dari survei yang dilakukan, Unilever kembali melihat apa yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Di Indonesia, keluhan nyeri pada gigi dan gusi memiliki persentase 31% dan kemunculan karies baru 25%. Setidaknya, ada 59% orang Indonesia mengaku menghindari pergi ke dokter gigi saat giginya bermasalah.

“Merespons fakta tersebut, kami menggalakkan gerakan Yuk, #SikatGigiSekarang! Tujuannya untuk menciptakan kebiasaan baik sikat gigi minimal pagi dan malam setiap hari,” kata drg. Ratu Mirah Afifah, Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia.

Unilever menyasar orang tua dalam kampanye ini. Ratu menegaskan bahwa kebiasaan kesehatan yang baik paling efektif datang dari rumah dan ajakan orang terdekat. Dalam hal ini, orang tua bisa mengajak anak-anak mereka dan anggota keluarga lain untuk mulai rutin menggosok gigi. Tujuannya, tidak hanya untuk merawat kesehatan gigi dan mulut, tapi juga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Senyum Sehat untuk Hidup yang Lebih Sehat dilakukan secara daring melalui tanyapepsodent.com. Melalui laman ini, Pepsodent memberikan edukasi melalui artikel bacaan dan permainan interaktif untuk orang tua dan anak mengenai kesehatan gigi dan mulut. Tidak hanya itu, orang tua juga bisa membangun interaksi dengan anak lewat penyusunan jadwal sikat gigi pagi dan malam setiap hari.

“Kami juga mengajak keluarga Indonesia untuk membagikan momen menyikat gigi bersama keluarga mulai 20 Maret 2021 di media sosial agar bisa mengajak keluarga lain untuk lebih rutin menyikat gigi dan menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka,” tutup Ratu.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

 

MARKETEERS X








To Top