Opinion

Merayakan Kreativitas Kreator Muda ala Taobao

Sejak tahun 2016, Alibaba Group rutin mengadakan Taobao Maker Festival (TMF). Festival ini merupakan perhelatan yang bertujuan merayakan inovasi dan kreativitas anak-anak muda, terutama di Tiongkok serta belahan bumi lainnya. Beragam aktivitas diselenggarakan sebagai bagian dari festival, termasuk bazar offline, konser musik, pameran teknologi, dan fashion show yang digelar selama penyelenggaraan TMF untuk membangkitkan semangat berkreasi di kalangan generasi muda.

Kelahiran TMF dibidani sosok bernama Chris Tung, kini ia menjabat sebagai Chief Marketing Officer Alibaba Group. Pada tahun ke-5 penyelenggaraannya kali ini, Chris beserta timnya sukses menghadirkan kembali festival ini dengan beragam kejutan dan inovasi yang berhasil memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung dan merchant yang berpartisipasi.

Berikut adalah cuplikan wawancara dengan Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group.

Anda merupakan pencetus utama konsep Taobao Maker Festival. Apa yang mendorong lahirnya ide tersebut?

Sejak awal kelahirannya, kami telah memiliki visi untuk Taobao Maker Festival (TMF) ini. Kami melihat TMF sebagai acara tahunan yang unik, dimana orisinalitas dan kreativitas para kreator muda di platform Taobao dapat dirayakan. Hingga kini, melalui TMF, para kreator bisa langsung menunjukkan karya mereka kepada para konsumennya, sejalan dengan keinginan Alibaba Group dalam menampilkan semangat dan kreativitas dari ribuan kreator muda yang ada di Tiongkok.

Tidak hanya untuk para kreator saja, TMF juga menjadi tantangan kreatif tersendiri bagi tim di Alibaba Group. Setiap tahun, kami selalu meningkatkan tantangan bagi kami sendiri untuk dapat menyelenggarakan acara yang inovatif, unik, dan tentunya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Mengingat situasi istimewa tahun ini, tentunya ada adaptasi format acara, salah satunya, TMF 2020 memiliki elemen animasi virtual, bisa Anda jelaskan lebih detil?

Betul, sayangnya situasi sekarang bukan merupakan waktu yang tepat bagi penyelenggaraan pameran (offline)  dengan skala besar seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi, kami menjadikannya sebagai peluang dalam menggali inspirasi untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda.

Berdasarkan hal tersebut, kami hadir dengan sebuah ide untuk menggunakan fitur terbaru di aplikasi Taobao, yakni Taobao Life. Fitur ini baru saja kami luncurkan, dimana pengguna Taobao dapat membuat avatar berdasarkan keinginan mereka, kemudian kami mengajak avatar-avatar tersebut untuk mengunjungi pameran TMF secara virtual. Terdapat enam “kerajaan” utama yang bisa dikunjungi, dan masing-masing memiliki tema sesuai produk yang ditampilkan, yakni ACGN & Animal Bliss (hobi dan games), Cool & Chic (busana), Glorious Gadgets (gawai canggih), Ark of New Generation Tech (teknologi), On-trend China (budaya), dan Foodie Wonderland (makanan).

Jadi walaupun tidak ada pameran offline seperti biasanya, pengunjung tetap bisa merasakan keseruan dari acara TMF?

Ya, kami ingin membantu para kreator untuk dapat menceritakan ide dan inspirasi di balik semua produk kreatif yang mereka buat dan tawarkan. Selain itu, kami juga ingin membantu mereka berinteraksi dengan para pengunjung secara virtual. Untuk itu kami mengoptimalkan banyak sekali fitur video dan konten interaktif untuk mencapai hal tersebut.

Pandemi Covid-19 tentu saja berdampak terhadap perekonomian dunia, bagaimana TMF beradaptasi terhadap perubahan minat konsumen dan merchant akibat pandemi ini?

Dari segi format acara, kami berupaya melakukan penyesuaian konsep TMF dengan mengkombinasikan pameran virtual dengan acara roadshow di empat kota. Namun, lebih dari itu, kami juga banyak memanfaatkan fitur-fitur yang ada di platform Taobao untuk membantu para kreator muda di tengah pandemi. Salah satu fitur yang paling populer adalah Taobao Live, yaitu platform livestreaming yang bisa dibilang merupakan medium broadcasting nomor satu di Tiongkok saat ini.

Kami mencatatkan ada lebih dari satu juta merchant yang telah menggunakan Taobao Live untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka. Apalagi akibat pandemi, semakin banyak konsumen yang menghabiskan waktu di rumah. Mereka ingin berinteraksi, mengetahui tren terbaru, dan memenuhi kebutuhan mereka melalui konten-konten dari livestreaming tersebut.

Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group

Tadi Anda menyebutkan tentang roadshow, bisa dijelaskan lebih detil?

Berdasarkan pengalaman dari penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, setiap selesai melakukan pameran, kami selalu menerima banyak permintaan, baik dari pengguna maupun staf Pemerintah, untuk mengadakan TMF di kota mereka. Bertepatan dengan situasi pandemi yang terjadi saat ini, kami memutuskan, daripada mengadakan acara berskala besar di satu tempat, akan lebih baik jika kami yang mendatangkan TMF ke komunitas-komunitas yang tersebar di Tiongkok.

Dari situlah kami kemudian menghadirkan ide roadshow bertema Transformers dengan menggunakan mobil karavan. Sejumlah merchant terpilih Taobao akan mengunjungi para peminat TMF melalui road trip ke empat kota, yakni Hangzhou, Chengdu, Xi’an, dan Wuhan. Dalam road trip yang berlangsung selama 20 hari tersebut, truk karavan kami akan berkeliling selama 500 jam dan menempuh jarak kurang lebih 3.900 kilometer.

Sebuah truk besar akan disulap layaknya etalase toko berjalan dengan sejumlah merchant yang menampilkan produk mereka di setiap kota yang disinggahi. Di setiap kota, Taobao dan para kreator terpilih akan melangsungkan acara di tempat tersebut secara kecil-kecilan dengan tema yang disesuaikan dengan budaya lokal setempat.

Dari acara roadshow ini, siapa yang Anda harapkan untuk datang berkunjung?

Semua pengguna Taobao yang tertarik bisa datang langsung untuk menikmati keseruan TMF 2020, terutama para generasi muda. Biasanya, para pelajar dan mahasiswa banyak berdatangan karena mereka ingin mengetahui tren-tren terbaru dan berbincang lebih dalam dengan para kreator. Anak-anak muda ini bukan hanya datang sebagai pengunjung, tapi juga sebagian adalah kreator yang punya ide produk sendiri. Sehingga, TMF dapat menjadi platform bagi para kreator untuk saling berkumpul dengan sesama kreator dari berbagai industri.

Berdasarkan penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya, setelah TMF berakhir, kami selalu mendapati banyaknya kolaborasi lintas brand. Mereka biasanya bertemu selama TMF berlangsung, kemudian berinteraksi lebih lanjut untuk bekerja sama.

Sejak diadakan lima tahun lalu, apa yang menjadi alasan bagi kita semua untuk meluangkan waktu dan energi untuk memberdayakan sekaligus memberikan apresiasi kepada para kreator muda?

Para kreator ini adalah generasi yang akan membentuk masa depan kita semua. Baik sebagai inovator teknologi, perancang busana, hingga pembuat gawai canggih, anak-anak muda ini bergabung ke Taobao untuk mendirikan toko dan membangun bisnis mereka sendiri. Mereka ingin memperkenalkan hasil karya mereka dan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Hal ini jauh lebih berharga dari sekedar transaksi jual-beli. Para kreator ini saling berkenalan, membentuk komunitas-komunitas dan membagikan inspirasi mereka.

Dengan mengangkat tema “New Blood”, TMF 2020 yang digelar pada tanggal 10-14 Agustus 2020 diikuti oleh lebih dari 150 kreator muda berbakat di China. Merupakan sebuah kepuasan tersendiri bagi kami untuk bisa menghubungkan para kreator muda ini dengan ratusan juta pengguna di Taobao dan mengembangkan bisnis mereka ke tingkat lebih tinggi.

Apakah ada rencana untuk membawa Taobao Maker Festival ke kancah global?

Tentunya ada dan itu sudah menjadi visi kami. Tahun ini, kami mencoba membawa TMF ke empat kota besar di China. Kami ingin melihat bagaimana respon pasar, dan terus belajar bagaimana agar bisa menyelenggarakan acara ini dengan lebih baik. Setelah itu, tentu kami akan mencoba meningkatkan skala TMF dan harapannya kami bisa menyelenggarakan acara ini hingga ke skala global.

Terakhir, bagaimana Anda mempersiapkan untuk acara TMF tahun depan?

Kami terus menantang diri sendiri untuk membuat TMF yang lebih besar dan lebih baik. Tahun ini, kami melakukan eksperimen dengan mengkombinasikan pameran virtual dan mobile melalui konsep roadtrip. Tentunya ini adalah eksperimen yang menarik. Di tahun depan, kami akan terus menghadirkan inovasi yang lebih menyenangkan, baik bagi para pengunjung TMF maupun para kreator yang berpartisipasi.

MARKETEERS X








To Top