Automotive

Merek Mobil Jepang Mana yang Paling Dicari Konsumen Secara Online?

Bukan suatu hal yang mengherankan jika merek mobil dari Jepang mendominasi pencarian masyarakat ketika mencari mobil baru dan bekas. Sejak investasi otomotif Jepang dibuka pada tahun 1974, pabrikan mobil asal Jepang telah mendominasi market Tanah Air, dan berhasil mendepak rivalnya dari Eropa dan Amerika.

Hal ini bisa dilihat dari temuan perusahaan perbandingan harga e-commerce Priceza yang dikumpulkan selama periode Januari-Desember 2017. Urutan pertama merek mobil baru yang paling banyak dicari adalah Toyota (26,5% dari total pencarian) dengan persentase nyaris dua kali lipat dibanding Honda (14,8%) dan Mitsubishi (14%) di urutan kedua dan ketiga.

Dominasi Toyota ini konsisten dengan angka penjualan yang dirilis Gaikindo, dengan pangsa pasar 34.4% (371.322 unit), diikuti Honda dan Daihatsu dengan masing-masing 17,3%.

Seperti bisa dicermati, ada perbedaan antara urutan ketiga dalam hal ‘pencarian’ berbanding ‘penjualan’. Dari data Priceza, Mitsubishi merupakan merek terpopuler ketiga dalam pencarian, meskipun penjualan aktualnya berada di bawah.

Sedangkan Daihatsu menempati urutan keenam untuk pencarian, yang menjadi indikasi bahwa popularitas merek ini tidak terlalu tinggi – setidaknya dalam benak konsumen digital (e-commerce).

Model mobil baru terpopuler

Di samping merek, data yang dikumpulkan juga merinci daftar model mobil terfavorit yang paling banyak dicari. Selama periode waktu yang sama.

Honda Jazz berada di urutan teratas (31,9%), disusul oleh Toyota Avanza (23.9%) dan Honda HRV (16,8%). Adapun kembaran Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, berada di posisi empat (8%). Tepat di bawahnya ada Toyota Calya serta Honda Brio (6,2%), kemudian kembali diisi Toyota Vios (2,7%).

Dari daftar bisa terlihat bahwa 6 dari 7 besar model yang dicari adalah produk Toyota atau pun Honda dan diselingi oleh Daihatsu. Bahkan, 8 dari 10 besar model mobil yang dicari adalah kombinasi Honda, Toyota, dan Daihatsu.

Jelas bahwa pabrikan Jepang mendominasi pasar otomotif di Indonesia secara signifikan. Baik dalam hal pencarian, produksi, dan penjualan. Dalam data 10 besar Priceza, merek non-Jepang hanya muncul sekali, yang mana Ford menduduki peringkat 9 merek terpopuler.

Honda dan Toyota bersaing cukup ketat sebagai mobil terpopuler di Indonesia. Secara umum, merek Toyota merupakan top-of-mind ketika pembeli potensial mencari informasi. Sedangkan secara khusus, Honda dengan model spesifiknya (terutama Honda Jazz) adalah yang paling diminati para pencari.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top