Meta Meluncurkan Toko Fashion Digital “Meta Avatars Store”

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
20 Juni 2022
marketeers article
Meta akan meluncurkan toko fashion digital Meta Avatars Store (Sumber: Meta)
Meta kembali meramaikan dunia virtual metaverse dengan meluncurkan Meta Avatars Store. Meta Avatars Store merupakan fashion online store pertama yang menyediakan berbagai pakaian desainer khusus untuk avatar.
Melansir artikel Reuteurs, CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan bahwa Meta Avatars Store akan diluncurkan di tiga platform Meta, yakni Facebook, Instagram dan Messenger. Dengan hadirnya toko fashion digital ini, pengguna ketiga platform tersebut dapat membeli berbagai pakaian digital sehingga mereka dapat menata avatar agar tampil lebih modis.
“Kami meluncurkan Avatar Store kami di Facebook, Instagram, dan Messenger sehingga pengguna dapat membeli baju-baju dari berbagai desainer untuk avatar,” kata Zuckerberg dalam pernyataanya di Live Instagram pada Jumat lalu mengutip dari artikel Reuters.
Sebelumnya, Meta memunculkan Avatar sebagai salah satu cara Meta untuk menggambarkan identitas pengguna di platform Facebook, Instagram, dan layanan lainnya. Dengan adanya Avatar ini, pengguna akan semakin terbawa menuju ke metaverse. Pasalnya, avatar inilah yang akan menjadi wujud digital pengguna saat berada di dunia virtual tersebut. Untuk itu, Meta memutuskan untuk mendesain ulang Avatar pada tahun lalu agar dapat menggambarkan wujud virtual pengguna secara lebih ekspresif dan immersive. 
Di sisi lain, kehadiran Meta Avatars Store memberikan wadah bagi pengguna untuk lebih ekspresif dalam menunjukkan dirinya di dunia virtual. Nantinya, Meta Avatars Store akan menjadi pasar terbuka bagi brand atau desainer sehingga mereka bisa membuat dan menjual hasil karya pakaian digital mereka secara lebih luas kepada para pengguna platform Meta.
Untuk saat ini, Meta Avatars Store akan memajang sejumlah koleksi pakaian digital dari tiga brand, yakni Balenciaga, Prada dan Thom Browne. “Pakaian digital dapat menjadi cara bagi pengguna untuk mengekspresikan diri di dunia metaverse melalui avatar mereka. Hadirnya Meta Avatars Store ini juga dapat mendorong ekonomi kreatif. Kami bersemangat untuk menambahkan lebih banyak koleksi dari berbagai brand dan segera menghadirkan Meta Avatars Store ini ke VR,” ujar Zuckerberg.
Menurut keterangan Zuckerberg, Meta Avatars Store akan mulai diluncurkan di negara Amerika Serikat, Kanada, Thailand, dan Meksiko. Sampai saat ini, masih belum diketahui kapan Meta Avatars Store ini akan hadir di Indonesia. Namun, Meta menjanjikan akan segera merilis brand dan beragam koleksi baru dalam waktu dekat.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related