Consumer Goods

Metode Pembayaran Paylater Makin Digemari Selama Pandemi

Sumber: 123RF

Katadata Insight Center berkolaborasi dengan Kredivo melakukan riset untuk mengenal perilaku konsumen e-commerce. Survei ini menggunakan data konsumen Kredivo yang melakukan transaksi di berbagai platform e-commerce. Berbagai temuan menarik pun didapat dari survei ini. Apa saja?

Berdasarkan hasil data transaksi satu juta pengguna Kredivo selama periode Januari-Desember 2020, menunjukan jumlah pengguna e-commerce masih didominasi laki-laki, hingga 62%. Sedangkan konsumen perempuan sebesar 38%. Data ini menunjukan usia terbanyak yaitu dibawah 35.

“Kami memilih sampel riset dari satu juta pengguna Kredivo secara acak dengan sepuluh juta transaksi di enam market place terbesar pada periode tahun 2020. Data kami menunjukan bahwa 62% pengguna e-commerce adalah laki-laki dan didominasi oleh generasi milenial dan generasi Z,” ungkap Amri Mulya, Expert Panel Katadata Insight Center.

Riset dari Katadata juga menyebutkan bahwa produk fesyen dan aksesori paling banyak dicari oleh masyarakat. Menariknya, perempuan lebih banyak mengeluarkan uang untuk membeli komputer dan gawai dibandingkan laki-laki.

Survei yang dilakukan Katadata Insight Center juga menangkap tren pembayaran menggunakan fitur paylater pada 3.560 responden. Sebanyak 86% mengetahui paylater dan 27% responden memakainya.

Kemudian, sebanyak 55% responden menyatakan bahwa mereka merupakan pengguna baru dari paylater dan mulai menggunakannya sejak pandemi. Mayoritas masyarakat memanfaatkan paylater ini untuk memenuhi kebutuhan ketika dana tidak mencukupi dan menjadi alternatif pilihan pembayaran cicilan selain kartu kredit.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top