Mitigasi Perubahan Iklim, Danone SN Indonesia Bangun Boiler Biomassa

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
16 Juni 2022
marketeers article
Sumber: Danone
Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia mengumumkan peresmian pembangunan Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi di kawasan pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Kamis (16/06/2022). Ini merupakan komitmen perusahaan untuk memitigasi perubahan iklim dengan mengurangi jejak karbonnya melalui penyediaan produk yang diproduksi secara ramah lingkungan.
Perusahaan bekerja sama dengan Berkeley Energy Commercial Industry Solution (BECIS) dalam pembangunan dan operasional Boiler Biomassa berbahan baku sekam padi. Kerja sama tersebut ditujukan untuk mengurangi jejak karbon dari kegiatan produksi di pabrik hingga 32%.
Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah mengapresiasi terobosan dari Danone SN Indonesia. Ia mengungkap, saat ini energi terbarukan menjadi isu yang cukup krusial di Indonesia. Menurutnya, sekam padi memiliki banyak potensi untuk lingkungan, salah satunya adalah sebagai bahan bakar Boiler Biomassa. Namun, masih kurang dimaksimalkan penggunaannya.
“Abu sekam dari produksi Boiler Biomassa ini juga bisa dimanfaatkan oleh petani sebagai pupuk pertanian organik. Ini merupakan salah satu upaya yang baik untuk praktik yang berkelanjutan dan juga mengimplementasikan konsep Circular Economy.  Kami harap, inisiatif dari Danone ini turut mengembangkan produk pertanian serta menginspirasi badan usaha lainnya di Indonesia,” kata Ganjar.
Hal senada turut disampaikan oleh Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia. Ia menuturkan perubahan iklim merupakan tantangan yang efeknya sangat dirasakan saat ini. Sebagai perusahaan yang mengusung visi One Planet One Health, Danone berkomitmen untuk mengatasi dampak perubahan iklim demi terwujudnya bumi dan masyarakat yang lebih sehat.
“Danone berkomitmen turut memitigasi perubahan iklim dengan ambisi penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050. Kami juga memastikan bahwa selain menggunakan teknologi ramah lingkungan dan bahan baku yang bersumber dari energi terbarukan, fasilitas Boiler Biomassa ini juga berkontribusi untuk menciptakan sirkularitas produk pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian,” ujar Vera.
Boiler Biomassa dari Danone menggunakan bahan baku sekam padi. Sekam padi tersebut didapat dari berbagai wilayah di Provinsi Jawa Tengah, termasuk dari lahan pertanian di sekitar fasilitas Boiler Biomassa, yang merupakan salah satu penyumbang produksi padi terbesar secara nasional.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related