Mobil Listrik Mulai Dilirik, PEVS 2022 Catat Nilai Transaksi Rp 250 Miliar

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
01 Agustus 2022
marketeers article
Ilustrasi pengunjung pameran PEVS 2022 yang catatkan nilai transaksi Rp 250 miliar. (FOTO:Periklindo/PEVS 2022)
Gelaran pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 mencatatkan nilai transaksi hingga sekitar Rp 250 miliar. Besaran tersebut dibukukan selama kegiatan yang berlangsung pada 22 hingga 31 Juli 2022 lalu, di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Catatan tersebut juga menjadi pertanda bahwa pasar otomotif Tanah Air, mulai terbuka akan kehadiran model kendaraan listrik berbagai jenis. 
Raihan nilai transaksi penjualan kendaraan elektrifikasi selama ajang PEVS 2022, terjadi berkat peluang bertemunya konsumen maupun pengguna dengan pemegang merek. Model kendaraan listrik yang turut tampil dalam pameran tersebut tidak hanya terbatas pada mobil penumpang, melainkan juga moda angkutan penumpang hingga sepeda motor.
Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) menyebut raihan transaksi selama pameran didukung oleh kesiapan ekosistem dari berbagai aspek. Seperti penerapan regulasi dari pihak pemerintah, hingga kesiapan pelaku industri dalam menawarkan serta menghadirkan produk kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat sampai saat ini.
“Antusiasme masyarakat akan kendaraan listrik mendorong kesiapan seluruh pelaku industri kendaran listrik dari komponen kecil hingga besar. Produsen dalam negeri telah mampu menyiapkan berbagai komponen untuk kendaraan listrik, yang menjadi hal baik untuk mencapai cita-cita zero emission pada tahun 2060,” kata Moeldoko, Ketua Umum Periklindo, dalam keterangan resmi yang diterima Marketeers.
Capaian nilai transaksi selama PEVS 2022 berasal dari beragam merek kendaraan yang turut berpartisipasi baik dari brand lokal maupun pemegang jenama asal luar negeri. Misalnya produk kendaraan listrik roda empat yang dibawa oleh Wuling, DFSK, dan Prestige Image Motorcars sebagai agen merek mobil elektrifikasi raksasa Tesla asal Amerika Serikat.
Kontribusi nilai transaksi selama PEVS 2022 kali ini juga datang dari produsen bus listrik PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Merek tersebut menggunakan ajang ini untuk mengumumkan pembelian kendaraan buatannya oleh kalangan usaha dan pemerintahan kepada pengunjung pameran. Seremoni pembelian bus merek MAB itu digelar pada Selasa (26/7/2022) lalu. 
Sebagai informasi, konsumen terbaru bus merek MAB ini terdiri dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT Chandra Asri Petrochemicals, PT Kaltim Parma Industri, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Pameran PEVS 2022 juga menampilkan produk berupa kendaran listrik roda dua atau sepeda motor yang dirakit maupun diproduksi perusahaan dalam negeri seperti merek Gesits, Rakata, dan Davigo.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related