Modal Toko dan Paylater Catatkan Kenaikan Transaksi di Tokopedia

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
12 Januari 2022
marketeers article
Platform Tokopedia membuktikan komitmennya untuk selalu konsisten membantu masyarakat. Tercermin dengan kehadiran fitur paylater yang membantu masyarakat untuk mendapatkan akses pendanaan  dan Modal Toko untuk menjaga keberlangsungan usaha.
Rocky Stephanus, AVP of Fintech Lending Tokopedia menyampaikan bahwa kehadiran fitur PayLater sangat memudahkan para pengguna aplikasi Tokopedia. Terbukti dengan meningkatnya transaksi dengan fitur PayLater selama 2021.
“Sepanjang tahun 2021, jumlah pengguna yang memanfaatkan fitur PayLater meningkat hampir 2x lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah transaksi yang terjadi lewat fitur tersebut bertumbuh hampir 3x lipat selama 2021,” jelas Rocky.
Pembayaran menggunakan fitur paylater ini menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Tokopedia mencatatkan beberapa kota yang mengalami peningkatan pengguna fitur paylater selama tahun 2021, yakni Batam, Pekanbaru, Bandar Lampung, Yogyakarta, dan Balikpapan.
Di sisi lain, banyak pegiat usaha di Tokopedia yang hampir 100% nya usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) memanfaatkan fitur Modal Toko. Terbukti dengan adanya peningkatan nilai modal usaha yang disalurkan melalui Modal Toko, yaitu lebih dari 2x lipat selama 2021.
“Peningkatan nilai modal usaha ini didorong oleh berbagai kemudahan yang ditawarkan Modal Toko melalui kemitraan dengan platform peer-to-peer lending Dhanapala, seperti limit kredit fleksibel hinga Rp 300 juta yang dapat ditarik kapan pun dan berapa pun, bunga pinjaman rendah dan flat, hingga persetujuan pinjaman yang hanya memakan waktu beberapa menit saja,” papar Rocky.
Tokopedia turut mencatatkan beberapa kota yang mengalami peningkatan jumah peminjaman modal usaha paling tinggi melalui Modal Toko selama 2021. Beberapa kota tersebut antara lain Malang, Semarang, Medan, Denpasar, dan Palembang.
“Kami harap, inisiatif-inisiatif yang dihadirkan Tokopedia seperti paylater dan Modal Toko dapat membantu masyarakat Indonesia. Harapannya, fitur-fitur tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, serta membantu menjaga keberlangsungan bisnis UKM lokal,” tutup Rocky.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related