Ninja Direct, Solusi Satu Atap UKM Peroleh Bahan Baku dari Luar Negeri

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
24 Mei 2022
marketeers article
Ninja Direct dari Ninja Xpress menjadi solusi baru bagi pelaku UKM untuk membeli bahan baku dari luar negeri (FOTO: Ninja Xpress)
Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) mempunyai solusi baru dalam mendatangkan bahan baku produksi dari luar negeri melalui Ninja Direct. Layanan ini dihadirkan oleh perusahaan jasa pengiriman Ninja Xpress untuk meringankan beban pelaku UKM, khususnya dalam proses pengadaan bahan baku.
Layanan pengiriman Ninja Direct hadir membantu para pemilik bisnis maupun pelaku UKM, mengingat sejumlah masalah yang muncul di lapangan. Berdasarkan riset dari Ninja Xpress bersama DPD Group, hanya 28% dari responden yakni pelaku UKM yang memiliki pengalaman berbelanja bahan baku secara transparan dan mudah.
“Terdapat empat kendala yang umum dialami oleh para pelaku UKM saat mencari dan membeli bahan baku dari penyedia asal negara lain. Kesulitan tersebut adalah bahasa, terbatasnya pemasok berkualitas, kendala melacak paket pengiriman, dan regulasi transaksi lintas batas negara,” kata CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa dalam sesi konferensi pers virtual bersama awak media pada Selasa (24/5/2022).
Andi menekankan bahwa Ninja Direct juga memberi solusi untuk memberi pengalaman lebih baik bagi pelaku UKM dalam berbelanja bahan baku. Selain menyediakan jasa pengiriman melalui fasilitas gudang mereka di Thailand dan Cina, Ninja Direct juga mampu menjadi jembatan dalam menyelesaikan pembelian hingga mencari penyuplai terpercaya.
Ninja Xpress membuka layanan ini untuk memudahkan transaksi end-to-end UKM dengan berbagai skala, termasuk dari segi kuantitas. Pengiriman bahan baku melalui jasa Ninja Direct dapat dilakukan dengan minimal bobot 1 kilogram melalui jalur udara. Sementara untuk pengiriman dengan angkutan kapal laut mensyaratkan sekurangnya 1 meter kubik.
“Kami menjamin proses pengiriman melalui udara berlangsung selama lima sampai tujuh hari untuk dapat sampai ke pelanggan. Jika pengiriman dilakukan menggunakan sarana transportasi laut maka membutuhkan 30-40 hari. Seluruh proses itu bergantung pada pelaksanaan regulasi seperti Bea Cukai,” ujar Head of Ninja Direct Ninja Xpress Andhi Thaurik kepada awak media.
Layanan pengiriman Ninja Direct juga memberikan solusi pengemasan khusus sesuai permintaan pemilik bisnis UKM. Pengemasan atau value added service ini dilakukan oleh staf Ninja Xpress dalam fasilitas gudang mereka. Hal ini dapat dilakukan untuk memberi ketenangan bagi pembeli atau pelaku UKM asal Tanah Air terkait kondisi barang yang mereka beli.
Kalangan pelaku UKM menjadi salah satu segmen pelanggan yang mendapat perhatian khusus dari Ninja Xpress di Tanah Air. Sejak beroperasi dari tahun 2019, Ninja Xpress menyebut telah membantu lebih dari 2 ribu pelaku UKM dalam mengirimkan barang untuk berbagai kebutuhan di penjuru wilayah Indonesia.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related