Transportation & Logistic

Ninja Xpress Layani Pengiriman 110 Juta Paket pada Semester 1-2021

 Ninja Xpress berhasil mengalami pertumbuhan kinerja yang signifikan di semester 1 tahun 2021. Pertumbuhan tersebut dilihat dari pengiriman paket yang meningkat sebanyak 80% atau mencapai lebih dari 110 juta paket pada semester 1 tahun 2021 dibandingkan pada semester 1 tahun 2020.

Pada semester 1 tahun 2021, Ninja Xpress mencatat daerah di Indonesia dengan tujuan pengiriman terbanyak antara lain berada di Jakarta dengan 26%, Jawa Barat 22%, dan Jawa tengah dengan 6%. Sisanya, tersebar di seluruh Indonesia. Terkait dengan daerah pengiriman, daerah terbanyak berasal dari Jakarta dengan 44%, Jawa Barat sebesar 35%, dan Jawa Tengah di angka 13%.

Sementara pada semester 1 tahun 2020, Ninja Xpress mencatatkan daerah pengiriman terbanyak berasal dari Jakarta sekitar 69%, Jawa Barat 20%, dan Jawa Timur 6%. Data tersebut menunjukan dengan adanya pergeseran persentase pengiriman terpusat dari dan menuju Jakarta, Ninja Xpress berharap ada pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia.

“Kami selalu percaya bahwa logistik memegang peran penting sebagai penghubung dari satu pulau ke pulau lain, karena Indonesia dikenal merupakan wilayah kepulauan sebanyak 17.499 pulau dari sabang sampai merauke. Sebab itu, kami senantiasa fokus memberikan layanan dan jasa pengiriman yang optimal untuk konsumen. Karena berkat kerja sama yang baik dengan seluruh pihak, Ninja Xpress berhasil memperoleh pencapaian ini,” ujar Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress pada siaran pers Kamis, (19/08/2021).

Keterbatasan mobilitas di masa PPKM darurat membuat logistik kembali memegang peranan penting sebagai jembatan komunikasi. Ninja Xpress juga mencatat adanya permintaan pengiriman lebih dari 15 juta  paket selama masa PPKM darurat diberlakukan. Tidak hanya itu, UKM yang terdaftar di dalam Ninja Rewards mengalami peningkatan signifikan selama PPKM darurat.

Peningkatan di Semester 1 2021 ini semakin mendorong Ninja Xpress untuk mendukung pelaku UKM di seluruh Indonesia. Salah satunya melalui Creative Hub yang merupakan sebuah showroom yang diperuntukkan untuk mendukung UKM menghasilkan materi promosi produk dalam bentuk menarik dan profesional dengan rangkaian layanan antara lain foto produk gratis, iklan di media sosial, kolaborasi gratis bersama para influencer, hingga manajemen konten media sosial. Hingga saat ini, Creative Hub sudah tersedia di Jakarta, Bandung, Bogor, dan Yogyakarta.

“Kami sangat memperhatikan program Creative Hub yang sudah ada di beberapa kota tersebut, untuk membantu pelaku UKM dalam meningkatkan bisnis. Saya berharap pelaku UKM dapat memanfaatkan dengan maksimal. Kami berharap untuk bisa menghadirkan Creative Hub di berbagai kota lainnya, karena sudah menjadi tugas kami ke depan agar dapat menjangkau kesuksesan UKM di seluruh Indonesia,”  tutur Andi.

Andi menambahkan Ninja Xpress berkomitmen untuk terus memperkuat  layanan lainnya untuk bantu UKM mengembangkan bisnis di tengah pandemi. Ia menegaskan pada semester 2, strategi Ninja Xpress tentunya memaksimalkan dan mengevaluasi layanan demi menghadapi peningkatan pengiriman ke depannya agar mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top