Transportation & Logistic

Ninja Xpress Targetkan Pengiriman 100% Seluruh Indonesia

Sumber: Ninja Xpress

Ninja Xpress mencatat pertumbuhan bisnis positif di tengah pandemi. Berdasarkan data internal Ninja Xpress, layanan logistik last-mile ini mencatat dua kali lipat peningkatan pada volume pengiriman barang pada kuartal I tahun 2021 dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress mengatakan pertumbuhan bisnis usaka kecil dan menengah (UKM) menjadi salah satu faktor terbesar dari peningkatan bisnisnya. Ninja Xpress memang memfokuskan layanannya terhadap pengiriman barang yang dilakukan UKM. Tujuannya, untuk membuka akses perkembangan bisnis yang lebih luas dan masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital.

Berdasarkan Laporan Suara UKM Negeri pada akhir 2020, Ninja Xpress mencatat ada 75% responden yang merasa optimistis pada kondisi ekonomi tahun 2021. Laporan ini diperkuat dengan hasil riset Populix pada awal tahun 2021 yang mengatakan ada 44% dari 5.920 responden melakukan aktivitas belanja setidaknya sekali dalam sebulan.

“Dengan sikap yang optimistis, Ninja Xpress ikut tumbuh di awal tahun ini. Kami yakin, di kuartal-kuartal depan juga akan terjadi peningkatan. Apalagi, kini sedang Ramadan dan sebentar lagi Idul Fitri. Dari pengalaman Ninja Xpress, tren belanja akan naik di momentum ini,” kata Andi. Pada tahun lalu saja, Ninja Xpress mencatat jumlah pengiriman hingga 33 juta paket pada bulan Ramadan hingga Idul Fitri.

Optimasi layanan

Tren peningkatan pengiriman barang di momentum besar tentu memiliki tatangan sendiri. Masih dari Populix, setidaknya ada 57% responden yang mengeluhkan keterlambatan pengiriman saat momentum tertentu.

“Untuk itu, kami berupaya meningkatkan layanan konsumen dan menghadirkan ragam inovasi produk. Di Ramadan tahun ini, inovasi itu hadir dalam bentuk Respon Cepat sebagai peningkatan layanan konsumen Ninja Xpress,” tutur Andi.

Respon Cepat memfasilitasi konsumen untuk melakukan laporan atau complaint yang akan ditanggapi dalam waktu 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui chat, dan 2 jam melalui e-mail. Ninja Xpress memastikan laporan konsumen akan ditanggapi maksimal 2×24 jam.

Fokus Ninja Xpress satu tahun ke depan adalah memastikan kualitas layanan. Terutama, menghadirkan respon cepat dan solusi tepat untuk penggunanya.

“Pandemi membuka mata bahwa ekonomi digital tidak dapat berjalan optimal tanpa layanan logistik yang menyeluruh. Untuk itu, kami berusaha memenuhi permintaan dengan inovasi produk dan layanan, juga berkolaborasi agar dampak transformasi ini bisa lebih maksimal membangun ekonomi nasional,” kata Andi.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top