Finance

OCBC NISP Sasar Anak Muda Bangun Kesehatan Finansial

Sumber: OCBC NISP

Bank OCBC NISP semakin fokus pada pasar keuangan anak muda. Setelah sukses dengan program NYALA OCBC NISP, kini program tersebut terus dikembangkan dengan tujuan untuk menggandeng lebih banyak anak muda peduli dengan pengelolaan keuanganya. Apalagi, kini banyak isu pengelolaan keuangan yang keliru dan justru menjerumuskan mereka ke dalam kesulitan.

Salah satu isu yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan adalah kecenderungan anak muda untuk mengikuti tren keuangan tanpa memikirkan bagaimana seharusnya uang dikelola. Seperti cerita yang berputar di media sosial mengenai anak muda yang bermain saham dan investasi, tapi sumber dananya dari hutang. Cara ini justru berbahaya untuk kesehatan finansial.

“Penyakit terbesar finansial anak muda adalah fokus mereka hanya getting rich, jadi mereka cenderung melakukan apapun untuk menjadi kaya, tanpa menyadari risiko yang mengikuti,” kata Deddy Corbuzier, Financial Fitness Director NYALA OCBC NISP, Senin (15/03/2021).

Isu ini menjadi peluang yang dimanfaatkan OCBC NISP untuk memperkuat program NYALA. Bank ini meluncurkan program Financial Fitness sebagai solusi untuk anak muda mengelola keuangan mereka. Ka Jit, Direktur Bank OCBC NISP mengatakan tujuan program ini adalah mengeser mindset anak muda dari getting rich menjadi getting fit, dalam hal ini fit secara finansial.

“Untuk membangun generasi sehat secara finansial diperlukan langkah besar. Anak muda harus memahami dasar finansial, memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan, dan meluruskan pola pikir finansial yang keliru. Tujuannya agar mereka dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat,” tutur Ka Jit.

Financial Fitness merupakan program lanjutan dari NYALA OCBC NISP setelah sukses dengan #TAYTBFest dan #SAVE20 by Nyala. Program ini sekaligus merayakan ulang tahun OCBC NISP ke-80 pada tahun 2021 ini, menandakan layanan keuangan yang komprehensif dan masif untuk nasabahnya.

Lebih lanjut, cara kerja Financial Fitness benar-benar layaknya platform edukasi. Dalam program ini, ada lebih dari 8 financial coach yang siap membagikan pengetahuan mereka mengenai pengelolaan keuangan. Dipimpin oleh Deddy Corbuzier sebagai Financial Fitness Director, para financial coach akan memberikan motivasi dan edukasi kepada nasabah untuk membangun daya tahan keuangan dan mempertahankan kesehatan keuangannya.

“Sama seperti program fitness di gym, langkah awal adalah membangun kekuatan tubuh untuk melakukan program lain. Sama seperti keuangan, langkah pertama keuangan yang sehat adalah membangun daya tahan keuangan. Seperti mengelola keuangan, memahami fungsi dana darurat, memahami apa yang akan investasi apa yang sesuai dengan kemampuan kita. Setelahnya, harus dipertahankan. Kalau di gym agar goal-nya tidak hilang, kalau keuangan, agar kondisi finansialnya tetap sehat dan siap menghadapi risiko,” jelas Deddy.

Untuk memastikan kesehatan nabasah, NYALA OCBC NISP memberikan empat program. Selain financial coach melalui NYALA Financial Fitness Squads, OCBC NISP juga menyediakan Komunitas Ruang meNYALA, Platform edukasi Ruang MeNYALA, Financial Fitness Check Up sebagai ruang diskusi pengecekan dan rencana keuangan, dan ruang meNYALA Financial Fitness Gym sebagai inovasi untuk melatih kekuatan keuangan.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top