Digital

OnlinePajak Raih Pendanaan Seri B Rp 379 Miliar

Perusahaan rintisan OnlinePajak meraih pendanaan Seri B senilai lebih dari US$ 25 juta atau sekitar Rp 379 miliar. Investasi tersebut dipimpin oleh Warburg Pincus, kemudian diikuti Global Innovation Fund (GIF) dan Endeavor Catalyst. OnlinePajak adalah penyedia solusi kepatuhan pajak yang bertujuan mengurangi beban administrasi perusahaan melalui pengelolaan pajak yang mudah.

Hadirnya investor Seri B di OnlinePajak menambah deretan investor yang telah membenamkan uangnya di startup ini, sebut saja Alpha JWC Ventures, Sequoia India, dan Primedge. Mereka pun turut berpartisipasi dalam pendanaan kali ini.

Didirikan pada tahun 2015, OnlinePajak adalah aplikasi perpajakan terintegrasi berbasis web yang dapat digunakan oleh wajib pajak untuk melakukan hitung, setor, dan lapor pajak dalam satu platform. Sehingga, setiap wajib pajak baik orang pribadi maupun badan dapat melaksanakan tanggung jawab mereka.

CEO & Founder OnlinePajak Charles Guinot menuturkan bahwa pendanaan Seri B dari perusahaan ekuitas menjadi validasi model bisnisnya. Dengan investasi baru ini, pihaknya akan mewujudkan revolusi dalam kepatuhan pajak melalui teknologi seperti kecerdasan buatan dan blockchain

Kami berencana untuk mempercepat perluasan kemampuan kami untuk terus membantu wajib pajak. Kami akan mentransformasikan kemudahan berbisnis di negara ini, dengan membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas mereka,” papar dia.

Ini juga menjadi komitmen perusahaan, lanjut Guinot, dalam mendukung Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengelola pajak yang dibutuhkan negara.

OnlinePajak telah membangun model bisnis freemium yang solid dan terintegrasi. Pengguna dapat mengelola pajak secara gratis dengan tambahan fitur premium seperti invoicing dan payroll. “Kami sangat terkesan dengan bisnis OnlinePajak, dan kami percaya bahwa perusahaan ini memiliki potensi pertumbuhan yang luar biasa,”  kata Head of Southeast Asia dari Warburg Pincus Jeffrey Perlman.

Ia bilang, OnlinePajak tidak hanya dalam membantu dunia bisnis di Indonesia agar dapat  beroperasi lebih efisien. Melainkan juga berperan penting demi mewujudkan visi pemerintah Indonesia memperluas basis pajak negara.

Sekilas investor

Warburg Pincus adalah perusahaan ekuitas swasta global yang berfokus terhadap investasi pertumbuhan perusahaan. Didirikan pada 1966, Warburg Pincus telah menginvestasikan lebih dari US$ 68 miliar di lebih dari 825 perusahaan secara global, dan berkomitmen lebih dari US$ 1,5 miliar di Asia Tenggara, termasuk Go-Jek.

Sementara GIF adalah perusahaan penyedia dana yang berinvestasi kepada perusahaan pemberi dampak sosial, terutama di tempat-tempat yang penduduknya hidup dengan US$ 5 per hari.

Sejak 2015, GIF telah menginvestasikan US$ 65 juta dalam 34 inisiatif di seluruh Afrika, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Sementara itu, Endeavour Catalyst adalah “kendaraan investasi” yang dibentuk untuk mendukung Endeavor Entrepreneurs.

Sebelumnya, OnlinePajak juga telah berhasil meraih pendanaan Seri A melalui penanam modal lokal dan asing pada akhir 2017. Investasi tersebut awalnya dipimpin oleh Alpha JWC Ventures, perusahaan modal ventura yang telah menancapkan kukunya di sejumlah perusahaan teknologi di Indonesia.

Adapula Sequoia India, yang sudah menanamkan modal di lebih dari 200 perusahaan yang tersebar di India dan Asia Tenggara (termasuk Go-Jek dan Tokopedia), mengikuti langkah cepat Alpha JWC Ventures, dan Primedge.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top