OPPO, Samsung dan Xiaomi Jadi 3 Besar Merek HP Terlaris di Awal 2024

marketeers article
Ilustrasi smartphone. (FOTO: 123RF)

Statista baru merilis smartphone alias HP paling laris pada awal tahun 2024. Ada sembilan merek yang masuk dalam daftar smartphone terlaris selama kuartal pertama 2024 ini.

Dikutip dari GoodStats, mengutip riset Market Share of Leading Mobile Vendors Across Indonesia as of January 2024 yang diterbitkan Statista, OPPO didapuk menjadi merek terlaris awal tahun ini. Laporan menyebut OPPO menyabet persentase 17,99% dari responden yang disurvei.

Lewat siaran pers kepada Marketeers, Kamis (2/5/2024), OPPO mengungkap, salah satu produk yang mendongkrak penjualan di awal tahun adalah seri Reno11 series 5G yang telah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

BACA JUGA: Tanamkan AI, OPPO dan OnePlus Gandeng Google Gemini

Kemunculan OPPO Reno11  5G dan OPPO Reno11 Pro 5G yang menjadi smartphone AI pertama yang terjangkau dan menawarkan pengalaman luar biasa bagi para penggunanya. Kehadiran Reno11 series 5G ini diprediksikan akan mendongkrak market share OPPO di Indonesia dan dapat mengantarkan ke posisi puncak sebagai merek smartphone terfavorit di tahun 2024.

Menempel ketat di belakang OPPO, ada Samsung yang masuk dalam daftar HP terlaris yang memperoleh persentase 17,44% dari total responden. Di urutan ketiga HP terlaris ada Xiaomi dengan persentase 15,25% dari total responden.

Satu peringkat di bawah Xiaomi, ada vivo dengan persentase 13,07% dari total responden, yang diikuti oleh Apple dengan persentase 11,57%. Di posisi keenam HP terlaris ada realme yang memperoleh persentase 7,08%, diikuti oleh Infinix dengan persentase 3,79%.

BACA JUGA: USP Infinix NOTE 40 Series di Segmen Smartphone Gaming Rp 2-3 Jutaan

Asus masuk dalam sembilan besar merek HP paling laris pada awal 2024, dengan berada di urutan ke delapan dengan persentase 0,40%. Di bawahnya adalah anggota dari Transsion Holding selain Infinix yakni Itel.

Itel masuk di urutan terakhir dengan persentase 0,32%. Sayangnya, baru dua merek smartphone dari Transsion Holding yang masuk dalam sembilan besar ponsel terlaris.

Sisanya dikelompokkan dalam kategori merek lain, yang memiliki persentase 11,86% bila digabungkan seluruhnya.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related