Orang Brand Harus Gabung di WOW Brand 2024 Pestanya Orang Brand, Ini Alasannya

marketeers article
Hermawan Kartajaya saat memberi welcoming remark di WOW Brand 2023

Bagi orang brand, ini merupakan event tahunan yang paling ditunggu, yakni WOW Brand, Pestanya Orang Brand. Pada tahun ini, WOW Brand 2024 akan digelar pada 7 Maret 2024 di The Ballroom, Djakarta Theater dan mengusung tema “BRANDING TO GEN Z.” 

Tema tersebut menjawab kesulitan dan aneka permasalahan yang dialami merek saat menarget Gen Z. Asal tahu saja, saat ini, Gen Z menjadi segmen yang merajai marketplace digital dan banyak merek berlomba merebut hati mereka. Namun, pada kenyataannya, tak sedikit dari merek-merek tersebut yang masih kesulitan dan salah jalan dalam menggarap segmen muda potensial ini. Karena itu, sesi-sesi panel Branding to Gen Z akan mengupas tuntas cara menggaet pasar Gen Z yang merupakan pasar masa depan.

Tak hanya membahas seputar Gen Z, WOW Brand 2024 juga menghadirkan konten-konten penting lainnya, seperti riset terkait merek-merek yang paling direkomendasikan oleh konsumen dan sebagainya. Berikut beberapa alasan mengapa orang brand tidak boleh melewatkan WOW Brand 2024, Pestanya Orang Brand:

Pertama, Mengakses Hasil Riset WOW Brand dan Rekomendasinya

Seperti tahun-tahun sebelumnya, WOW Brand akan menyuguhkan hasil survei merek-merek yang paling direkomendasikan oleh konsumen. Survei dilandaskan pada customer path 5A, yakni Aware, Appeal, Ask, Act, dan Advocate. Survei dilakukan secara daring pada periode November 2023 sampai Januari 2024 dengan melibatkan responden dari kelas ekonomi B & C berusia 17-56 tahun.

Riset dilakukan dengan matrik pengukuran BAR dan PAR. BAR atau Brand Advocacy Ratio dipakai untuk mengukur tingkat rekomendasi pelanggan terhadap sebuah merek. Sedangkan PAR atau Purchase Action Ratio dipakai untuk mengukur seberapa tinggi tingkat penjualan sebuah merek.

Dengan hasil riset ini, merek akan terbantu memahami posisinya sekarang dibanding kompetitor. Merek juga bisa memahami segmentasi dan perubahan perilaku konsumennya, melihat potensi terjadinya brand switching ke merek kompetitor, sekaligus akan mendapatkan rekomendasi-rekomendasi untuk memenangkan pasar tahun ini.

Salah satu sesi panel di WOW Brand 2023. Foto: Dokumentasi MarkPlus, inc.

Kedua, Strategi Merek Merebut Tempat Terbaik di Hati Gen Z

Sekarang ini, yang sesungguhnya disebut dengan generasi muda adalah Gen Z dan bukan lagi Milenial. Gen Z mulai mendominasi di banyak lini kehidupan modern saat ini, mulai dari dunia kerja, politik, gaya hidup, hingga pasar. Oleh karena itu, tak heran banyak merek saat ini berlomba untuk merebut perhatian dari anak-anak muda ini.

Sayangnya, masih banyak merek yang masih terjebak dalam kesalahkaprahan memahami Gen Z. Gen Z sering disamakan dengan Milenial dan didekati dengan cara-cara Milenial. Akibatnya, banyak komunikasi pemasaran tidak efektif karena tidak nyambung.

Sesi panel di WOW Brand akan memaparkan kiat-kiat tepat untuk mendekati dan merebut hati Gen Z.

Partisipan WOW Brand 2023. Foto: Dokumentasi MarkPlus, Inc.

Ketiga, Momentum Terbaik Networking Antarorang Brand

Karena merupakan pesta tahunannya orang brand, maka akan banyak orang-orang brand dari berbagai industri hadir di WOW Brand 2024. Mereka yang terkait dengan branding seperti public relations (PR), agensi periklanan, media, hingga marketing communication juga memeriahkan event ini.

Oleh sebab itu, ini menjadi momentum paling pas untuk berkenalan dan membangun jejaring dengan orang-orang brand di luar perusahaannya. Apalagi di era sekarang, kolaborasi bukan sekadar kebutuhan tetapi juga keharusan. Panitia WOW Brand akan memfasilitasi kebutuhan dengan dengan aktivasi berupa games untuk saling berkenalan dan bertukar data satu sama lain.

Keempat, Kesempatan Ikut Kontes Indonesia Branding Campaign of the Year dan Keanggotaan Brand For Good

Masih dalam rangkaian WOW Brand, merek-merek berkesempatan untuk ikut kompetisi Indonesia Branding Campaign of the Year. Kompetisi ini untuk membuktikan seberapa kreatif dan inovatif branding campaign yang dilakukan merek. Kompetisi ini mengusung empat kategori, yakni above-the-line (ATL), below-the- line (BTL), public relations, dan digital marketing. Partisipan lomba akan dinilai dengan empat kriteria, yakni creativity, innovation, reach, dan impact. Registrasi lomba masih dibuka hingga 6 Februari 2024. Tertarik? Silakan mengakses laman ini.

Penghargaan Indonesia Branding Campaign of the Year di WOW Brand 2023. Foto: Dokumentasi MarkPlus, Inc.

Selain itu, WOW Brand juga membuka kesempatan bagi merek untuk tergabung dalam keanggotaan Brand For Good. Merek anggota Brand For Good akan mendakan riset custom terkait alasan dan aspek merek direkomendasikan oleh konsumen, mendapatkan potongan harga tiket event yang digelar MarkPlus dan Marketeers, setahun berlangganan MarketeersMAX yang merupakan konten premium Marketeers, dan turut memberdayakan lima UMKM.

Selebrasi Brand For Good di WOW Brand 2023. Foto: Dokumentasi MarkPlus, Inc.

Jadi, sudah siapkah Anda ikut pestanya orang brand ini? Ambil tiket Anda di sini. Bila butuh info selengkapnya, silakan akses www.wowbrand.id

Related