Digital

Pamer Teknologi, Oppo Sematkan Fitur Microlens Pada Find X3 Pro

Oppo Find X3 Pro
Foto: Hasil foto Oppo Find X3 Pro

Perkembangan teknologi khususnya pada kamera smartphone tak ada habisnya. Kali ini Oppo memberikan gebrakan baru lewat kamera handphone yang tertanam dalam Oppo Find X3 Pro. Membawa Microlens, Oppo memperkuat daya saing mereka. Pasalnya, kamera ini diklaim mampu memotret dengan sangat detail layaknya sebuah mikroskop. Lantas, apa yang menjadi kelebihan fitur Microlens ini?

Chief Creative Officer Oppo Indonesia Patrick Owen menjelaskan bahwa fitur Microlens pada Oppo Find X3 Pro ini mampu memberikan pemahaman mikroskopis yang lebih baik dalam pengembangan teknologi fotografi smartphone. “Warna, bentuk, ukuran, skala, semuanya terlihat berbeda. Pengambilan gambar bersudut ultra lebar dan fotografi mikroskopis dengan pembesaran 60 kali lipat bukanlah sesuatu yang mustahil,” papar Patrick.

Find X3 Pro

Hasil foto Oppo Find X3 Pro

Find X3 Pro

Hasil foto Oppo Find X3 Pro

Banyak tantangan yang dihadapi Oppo dalam mengembangkan lensa mikroskopis ini. Salah satunya adalah kesensitifan lensa terhadap bintik putih dan debu. Namun begitu, kemampuan pembesaran yang tinggi akan berpengaruh terhadap kualitas foto. Pasalnya, dengan mengambil gambar menggunakan pembesaran yang tinggi, maka partikel kecil seperti debu juga akan terlihat besar.

Untuk meminimalisir hal tersebut, Oppo menggunakan larutan pembersih yang biasa digunakan oleh produsen kaca safir, produsen light guide, serta produsen kamera. Dengan larutan pembersih khusus itu, Oppo mengklaim lensa mikroskopis buatannya mampu 10 kali lebih tahan terhadap bintik kecil dan partikel debu.

Find X3 Pro

Hasil foto Oppo Find X3 Pro

Find X3 Pro

Hasil foto Oppo Find X3 Pro

Tantangan lain seperti penerangan kamera juga menjadi masalah besar dalam pengembangan lensa mikroskopis ini. Sebagai jawaban atas tantangan tersebut, Oppo menggunakan lensa safir dan juga ring light demi mendapatkan pencahayaan yang merata. Penggunaan ring light ini diimbangi dengan light guide yang terintegerasi dengan lensa besar.

Penggunaan ring light dan light guide merupakan hal penting bagi Oppo untuk mendapatkan pencahayaan yang maksimal pada hasil foto. Hal ini karena Oppo Find X3 Pro memiliki jarak fokus yang sangat rendah yaitu hanya 3 mm.

Dengan jarak fokus rendah maka lensa akan menampung ambient light dalam jumlah besar yang kemudian diimbangi oleh fill light dan light guide. Komponen ring light yang didesain sedimikian rupa bertujuan agar dapat memotret foto dengan terang, merata serta memiliki keseimbangan warna yang akurat.

“Semua foto akan memiliki detail yang luar biasa dengan teknologi Mikrolens. Jika dibandingkan dengan kamera andalan lainnya dalam hal fotografi wide dan ultra wide, tidak ada smartphone lain yang dapat menghadirkan pencitraan, kualitas, dan detil seperti OPPO Find X3 Pro,” klaim Patrick.

MARKETEERS X








To Top