Consumer Goods

Paragon Mulai Jajaki Pasar Perawatan Tubuh Pria

Sumber: Kahf

Pada dasarnya merawat tubuh tidak hanya dilakukan oleh para perempuan, tetapi juga pria. Hal ini karena tubuh bagaimanapun juga harus dirawat agar sehat dan selalu dalam keadaan optimal.

Di Indonesia, pasar perawatan tubuh pria terus menunjukkan peningkatan. Salman Subakat, CEO PT Paragon Technology and Innovation, nilai pasar perawatan tubuh pria di Indonesia mencapai Rp 3,2 triliun pada tahun 2019. Pasar ini dikuasai oleh produk sabun cuci muka (face wash), deodoran, parfum, dan sabun mandi.

“Meskipun tinggi, tapi produk perawatan pria kami nilai kurang inovatif. Masih banyak permintaan atau kebutuhan pria yang tidak terjawab dengan produk yang ada di pasar sekarang. Kondisi ini tentu berbeda dengan pasar perawatan tubuh perempuan yang lebih ramai akan inovasi,” katanya.

Kondisi ini dilihat sebagai peluang oleh Paragon. Perusahaan yang sudah kuat dengan merek produk kecantikan seperti Wardah, Make Over, dan Emina ini kemudian mulai menjajaki pasar men’s grooming. Paragon secara resmi meluncurkan Kahf pada Jumat (09/10/2020) sebagai merek pertamanya yang ditargetkan untuk para pria.

Paragon mengklaim bahwa pihaknya telah melakukan riset yang panjang untuk menghadirkan produk Kahf. Sebagai hasilnya, Kahf hadir dengan teknologi HydroBalance yang membawa empat filosofi. Di antaranya purely cleanse, balancely hydrated, nourish and care, dan exquisite natural scent. Dari keempat filosofi ini, Kahf hadir dalam lima kategori produk, yaitu face wash, hair and body wash, Eau de Toilette (parfum), beard care, dan deodoran.

Dari sisi formula, Paragon berupaya memenuhi kebutuhan perawatan tubuh pria. Contohnya lewat teknologi HydroBalance yang dapat menyeimbangkan kelembapan alami kulit. Uniknya, rangkaian produk Kahf juga menghadirkan bread care atau produk perawatan janggut. Dijelaskan oleh Salman, hal ini karena Kahf mengikuti jejak merek pendahulunya, Wardah, yaitu mengangkat nilai halal pada produknya.

“Sejalan dengan hal itu, beard care ini menjawab kebutuhan pria Muslim yang dicontohkan untuk memiliki janggut. Janggut ini harus dirawat agar janggut tetap sehat dan bebas bakteri sehingga wajah berjanggut terhindar dari jerawat dan komedo,” tambahnya.

Bersamaan dengan peluncuranya, Kahf menggelar kampanye #JalanYangKupilih. Melalui kampanye ini, Kahf berkomitmen untuk mendukung dan berkolaborasi dengan berbagai komunitas pria. Tujuannya untuk terus menebarkan sengat dan inspirasi. Komitmen ini juga diwujudkan lewat program Kahfpreneur, di mana seluruh anggota akan dilatih kewirausahaan serta menjadi reseller Kahf.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top