Pasarkan Reksa Dana, Eastspring Gandeng Standard Chartered

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
23 November 2022
marketeers article
Pasarkan Reksa Dana, Eastspring Gandeng Standard Chartered (FOTO: 123RF)

Standard Chartered Indonesia sebagai agen penjual efek reksa dana bekerja sama dengan PT Eastspring Investments Indonesia (Eastspring Indonesia) sebagai Manajer Investasi penerbit reksa dana, baru saja menambahkan produk Reksa Dana Indeks Eastspring IDX ESG Leaders Plus. Menurut perusahaan, produk ini diciptakan untuk menjawab permintaan investor seiring meningkatnya instrumen investasi yang sejalan dengan prinsip Environment, Social and Governance (ESG).

Menurut perusahaan, produk ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat yang hendak berpartisipasi pada produk investasi yang baik untuk jangka panjang serta berkontribusi positif pada lingkungan dan masyarakat.

BACA JUGA: Tawarkan Solusi Investasi, BTPN dan BNP Paribas Jalin Kerja Sama

“Eastspring Indonesia menawarkan Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus dengan denominasi mata uang Rupiah sebagai reksa dana pertama (non-ETF) yang menggunakan indeks IDX ESG Leaders di Indonesia. Produk investasi ini menggunakan tolok ukur indeks IDX ESG Leaders, yang memiliki konstituen indeks berupa saham-saham perusahaan yang merupakan pemimpin dalam peringkat Environment, Social and Governance (ESG),” kata Presiden Direktur Eastspring Indonesia, Alan J Tangkas Darmawan dalam siaran persnya, Rabu (23/11/2022).

BACA JUGA: 4 Tips Menggunakan Investasi Reksa Dana untuk Biaya Kuliah

Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus merupakan instrumen investasi Indeks yang menempatkan 80%-100% investasinya pada instrumen investasi ekuitas (pasar saham) dan maksimum 20% di instrumen investasi ekuitas dan/atau pasar uang/deposito. Produk ini ditujukan untuk investor yang menginginkan investasi dengan basis ESG dalam investasi mereka.

Selain itu, produk tersebut memiliki fitur alokasi saham diluar pilihan indeks IDX ESG Leaders yang mencakup investasi di luar negeri dengan alokasi maksimal 15%. Investasi di luar negeri tersebut akan diinvestasikan pada saham dengan operasi bisnis yang signifikan di Asia Pasifik dengan peringkat risiko ESG Sustainalytics di bawah 40.

Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus sesuai untuk investor yang memiliki profil risiko agresif dan produk ini memberikan berbagai keuntungan, antara lain investor berkesempatan memperoleh potensi imbal hasil jangka waktu menengah dan panjang. Selain untuk mendiversifikasikan portofolio investasi, berinvestasi di saham-saham dari perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang memiliki dan menerapkan unsur ESG akan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan bermanfaat bagi generasi selanjutnya di masa depan. Tujuan penting ini memperkuat komitmen kami untuk mencapai investasi berkelanjutan serta membawa lebih banyak dampak positif bagi klien, mitra, pemegang saham, dan masyarakat.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related