Technology

Pastikan Keamanan Meningkat, Zoom Luncurkan Versi Terbaru

Sumber: 123rf

Penggunaan aplikasi online meeting terus meningkat seiring dengan perubahan budaya bekerja yang berpindah menjadi dari rumah. Penggunaan aplikasi ini kerap tersandung dengan isu keamanan.

Zoom Video Communications menanggapi keluhan ini dengan bergerak cepat. Diungkapkan oleh Eric S. Yuan, CEO Zoom, pihaknya langsung menjalankan rencana 90 hari untuk meningkatkan kemampuan keamanan dan privasi perusahaan pengguna Zoom.

“Keamanan dan privasi menjadi tantangan tersendiri untuk zoom. Menghadapi keluhan ini, kami mengadakan pengarahan keamanan publik mingguan dan mengubah standar yang dapat membantu mengatasi masalah privasi virtual meeting,” katanya,

Salah satu rencana 90 hari yang dilakukan Zoom dalam meningkatkan usaha keamanan dan privasi penggunanya adalah dengan meluncurkan Zoom versi 5.0. CPO

Zoom Oded Gal mengungkapkan bahwa di versi terbaru ini, Zoom dilengkapi dengan enkripsi AES 256 bit GCM. Teknologi ini diklaim dapat meningkatkan perlindungan untuk virtual meeting data dan ketahanan terhadap gangguan, termasuk hacker.

“Di back-end, enkripsi AES 256-bit GCM akan meningkatkan standar untuk mengamankan data pengguna. Sementara di front-end, ada ikon keamanan di bagian menu meeting. Selama masa WFH, Zoom digunakan oleh jutaan pengguna baru, jadi keamanan kini menjadi fokus utama kami,” jelas Oded.

Sementara itu dari sisi kenyamanan admin atau host, Zoom 5.0 memiliki fitur Kontrol Routing Data. Fitur ini memungkinkan admin akun dapat memilih pusat data yang digunakan saat rapat maupun webinar secara real time.

“Admin atau host dapat mengetahui lalu lintas di tingkat akun, grup, atau pengguna pribadi,” tutup Oded.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top