Pelantikan CPM Asia ke-58: Philip Kotler dan Hermawan Kartajaya Jadi Inspirasi

marketeers article
Pelantikan Wisudawan CPM ke-56. Sumber: Marketeers

Certified Professional Marketers (CPM) Asia, pengakuan prestisius bagi profesional pemasaran, melantik 21 wisudawan ke-58 CPM Mei 2023 pada Kamis (25/4/2024). Ini adalah pengakuan yang diberikan oleh Asia Marketing Federation (AMF) kepada para profesional yang telah memiliki pemahaman tinggi dalam bidang pemasaran di kawasan Asia, baik secara konsep maupun praktik. 

Pengakuan status ini didukung oleh seluruh lembaga atau asosiasi pemasaran nasional dalam naungan AMF yang berada di 16 negara di kawasan Asia. Ada dua level pengakuan yang dapat diberikan: tingkat Asia dan tingkat Indonesia. 

Untuk tingkat Asia, materi ujian mayoritas dirancang oleh AMF bersama dengan Marketing Institute of Singapore (MIS). Sementara itu, di Indonesia, gelar CPM Asia dapat ditempuh melalui program MarkPlus Institute.

BACA JUGA: Hermawan Kartajaya: KidZania Jadi Sarana Tepat untuk Tanamkan Karakter Punokawan pada Anak-Anak

Proses pelantikan CPM Asia yang diadakan secara daring melalui Zoom dan luring di Philip Kotler Theatre Class, Main Campus Jakarta, memberikan momen yang berkesan bagi para wisudawan. Ardhi Ridwansyah, COO MarkPlus Institute menekankan bahwa pelantikan ini bukan hanya tentang prestasi individu, tetapi juga merayakan semangat dan dedikasi kolektif dalam dunia pemasaran.

“Philip Kotler Theatre Class dipilih sebagai tempat pelantikan CPM Asia dengan maksud mendalam, mewakili dua tokoh penting dalam sejarah pemasaran, yaitu Profesor Philip Kotler dan Hermawan Kartajaya. Keduanya diakui atas semangat mereka dalam memandang pemasaran sebagai sarana untuk memberikan kontribusi positif kepada perusahaan dan masyarakat,” ujar Ardhi.

BACA JUGA: Hermawan Kartajaya, Immersive Marketing, serta Pengalaman Unik di World of Frozen dan Sphere

Ardhi menambahkan buku karya Philip Kotler dan Hermawan Kartajaya, yakni  “Marketing 3.0“, menjadi bukti konkret dari dedikasi mereka untuk membangun praktik pemasaran yang tidak hanya menguntungkan perusahaan, tetapi juga memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan. 

“Harapannya, para wisudawan CPM Asia dapat meneruskan semangat ini dalam menjadikan pemasaran sebagai alat untuk menciptakan perubahan yang lebih baik, tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi masyarakat secara luas,” kata Ardhi.

Turut hadir dalam pelantikan Ronny Liyanto, VP Professionalism of Indonesia Marketing Association (IMA). Ia mengungkapkan kegembiraannya atas perjalanan yang telah dilalui oleh para wisudawan CPM Asia, yang penuh dengan tantangan dan pembelajaran. 

“Pelantikan ini bukanlah akhir, tapi awal kontribusi Anda semua kepada pemasaran. Harapannya, setelah ini para wisudawan dapat aktif berkontribusi dan mengaplikasikan pengetahuan yang telah kalian peroleh dari CPM Asia dalam kehidupan nyata. Selamat dan selamat berjuang!” tuturnya.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related