Peluang Besar Esports Bagi Merek di Indonesia

marketeers article

Perkembangan esports di Indonesia terbilang cepat. Telah terjadi perubahan pesat esports dari sekadar minat menjadi gaya hidup baru. Ini merupakan peluang besar esports bagi merek untuk terjun ke dunia ini. Oleh sebab itu, di era yang ditandai dengan hiperindividualisme dan hiperkonektivitas seperti sekarang, merek harus lebih lincah beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Menurut laporan agensi komunikasi ASEAN Vero dan Decision Lab, saat ini sudah ada lebih dari 52 juta orang Indonesia yang bermain esports. Tren ini memberi peluang besar bagi key opinion leader (KOL) untuk membangun dan mengembangkan konten yang menjangkau audiens lebih luas. Dan, esports menjadi saluran komunikasi baru yang potensial.

“Besarnya potensi esports merupakan peluang besar bagi merek dan entitas bisnis. Mereka bisa saling bersinergi dan mendapatkan jangkauan pangsa pasar yang lebih luas,” ujar Sasha Alwani, Strategic Planning Director Vero.

Oleh sebab itu, saran Sasha, merek harus senantiasa update dengan tren esports terbaru agar bisa menerapkan strategi komunikasi yang relevan dan akhirnya diterima oleh komunitas gaming di Indonesia.

Vero melakukan riset yang melibatkan 470 orang Indonesia berusia 16-41 tahun dengan tiga kategori responden, yakni gamer, watcher, dan streamer. Riset ini menghasilkan beberapa temuan menarik tentang peluang besar esports di Indonesia.

Secara umum, komunitas esports di Indonesia sebagian besar berada di Jakarta, diikuti oleh Surabaya dan Medan, dengan kelompok usia 26-37 tahun. Dari aspek gender, esports di Indonesia masih didominasi oleh laki-laki sebesar 53%, sementara perempuan sebesar 47%.

Semua responden dari kategori yang berbeda setuju bahwa genre esports paling diminati adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Meski ada sedikit perbedaan dalam preferensi antara pemain dan penonton/streamer. Para gamer lebih menyukai game olahraga, sedangkan watcher/streamer lebih menikmati game strategi kehidupan nyata. Adapun Mobile Legend dan PUBG mendominasi kategori sebagai permainan yang paling banyak dimainkan, ditonton, dan dijadikan streaming.

Saat ini, merek esports yang paling populer di Indonesia adalah GameLoft untuk kategori publisher game (78%). Ada juga DuniaGames sebagai platform berita game terpopuler (72%) & YouTube Gaming untuk kategori platform streaming (84%) dan watching (91%) paling banyak digunakan. Dari sisi selebriti esports, responden dari semua kategori setuju bahwa EVOS Esports adalah pemain atau tim paling terkenal di kalangan komunitas. Disusul  RRQ diperingkat dua. Sementara, Jess No Limit memegang gelar sebagai streamer yang paling banyak ditonton

Vice President of Public Affairs IESPA Andrew Tobias mengatakan, penting bagi merek untuk memberikan pengawasan dan menentukan influencer yang tepat sekaligus sesuai dengan target pasar. “Selain itu, membangun kemitraan jangka panjang dengan influencer ataupun KOL dapat menciptakan konten dan ikatan yang lebih baik dengan konsumen serta mampu menghadirkan umpan balik yang lebih optimal,” katanya.

Related