Pencarian Gen Z Mulai Beralih ke TikTok, IG, dan YouTube

marketeers article
Pencarian Gen Z (Ilustrasi: 123RF)

Dunia digital terus berkembang. Perubahan pun kian terdorong seiring dengan kehadiran teknologi baru hingga mengubah cara hidup masyarakat. Begitu juga ketika melakukan pencarian di internet.

Jika generasi sebelumnya banyak mengandalkan Google atau Bing sebagai mesin pencari, berbeda dengan Gen Z yang lebih sering mengandalkan media sosial, seperti Tiktok, Instagram (IG), atau YouTube. 

Hal ini yang tengah dipelajari oleh cmlabs, SEO company yang telah hadir sejak tahun 2019. Perusahaan melihat adanya gejala perpindahan tersebut.

BACA JUGA: 4 Tips Penting Mengelola Keuangan di Era Gen Z

Bersama dengan tim R&D yang dimilikinya, perusahaan yang genap berusia lima tahun ini sedang memantau bagaimana perubahan perilaku pengguna internet dari kalangan Gen Z ini. 

“Platform media sosial ini mulai memengaruhi pola perilaku Gen Z dalam melakukan pencarian. Hal ini pun mendorong kami untuk memperluas cakupan layanan dari SEO Google tradisional ke platform media sosial yang populer di Indonesia,” papar Rochman Maarif, Founder cmlabs dalam laporannya. 

BACA JUGA: Si Paling Digital, Lebih dari 50% Gen Z Masih Pilih COD

Riset dan pengembangan sumber daya dan ekosistem perusahaan pun menjadi fokus cmlabs. Langkah ini dilakukan untuk mendorong lahirnya inovasi sambil memelihara budaya perusahaan yang inklusif dan suportif. 

“Tahun ini, kami ingin melebarkan sayap dan masuk ke pasar di wilayah Asia Tenggara sambil menyiapkan ekosistem untuk masuk ke pasar global. Kini kami telah memiliki beberapa merek, meliputi cmlabs, Sequence Stat, Vanguard, Traffic Farm, dan VISUWISU,” tutup Rochman.

Related