Pengguna Layanan SMS Telkomsel Menurun Selama Malam Takbiran

marketeers article

Maraknya penggunaan internet ternyata berpengaruh terhadap penggunaan layanan SMS. Apabila pada tahun-tahun sebelumnya masyarakat sibuk berkirim ucapat selamat lebaran melalui SMS, kini lebih banyak menggunakan layanan online messenger. Tercatat dari data pemantauan trafik komunikasi pada jaringan Telkomsel selama malam takbiran terjadi penurunan pengunaan layanan SMS mencapai 6% menjadi 952 juta SMS. Hal ini menurun jika dibandingkan dengan trafik SMS di periode yang sama di tahun 2014. Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal di tahun 2015, trafik SMS turun sebesar 3%.

Semantara itu untuk layanan suara di malam takbiran naik sebesar 18% menjadi sekitar 1,3 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di periode yang sama di tahun 2014. Sementara jika dibandingkan dengan hari normal tahun in,  trafik layanan suara turun sebesar 9%. 
 
Adapun tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99%, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98% yang artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman. “Kami bersyukur, berkat persiapan dan pemantauan yang ketat terhadap jaringan Telkomsel di seluruh Indonesia, pelanggan dapat berkomunikasi dengan nyaman menggunakan layanan kami, dan tanpa kendala yang berarti dalam menyambut hari yang suci ini,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati
 
Selama musim lebaran tahun 2015, Telkomsel melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar. Hal ini meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register). 

Related