Technology

Penggunaan Teknologi pada Industri Kopi

SUMBER: TOKOPEDIA

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bekerja sama dengan Tokopedia serta para pelaku industri kopi lokal untuk menginisiasi kampanye #SatuDalamKopi, sebagai cara memajukan kopi nusantara di tengah pandemi.

“Di situasi seperti sekarang ini, kita harus dapat menciptakan ekosistem yang kondusif untuk mendukung industri kopi lokal agar produk dalam negeri dapat menjadi pemimpin di pasar kita sendiri,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wishnutama Kusubandio.

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, saat ini terdapat 1.204 industri kecil dan menengah (IKM) pelaku usaha kopi yang mengolah biji kopi lokal dan terdampak pandemi COVID-19.

“Kampanye #SatuDalamKopi menjadi cara untuk mendorong pemasaran produk kopi lokal dan diharapkan dapat berdampak pada geliat industri kopi di daerah dan seluruh rantai panawarannya,” tutur Agus.

Mengandalkan penjualan secara daring dengan memanfaatkan platform seperti Tokopedia, menjadi strategi andalah para petani dan pengusaha kopi untuk menjaga stabilitas penjualan maupun harga. Berbagai inovasi produk dan pendekatan baru pun ditelurkan agar para petani dan pengusaha kopi ini dapat memaksimalkan potensi daring.

Salah satu contoh pengusaha kopi yang telah memaksimalkan bisnis daringnya lewat Tokopedia adalah Toko Kopi Tuku. Toko ini menghadirkan berbagai produknya di platform daring misalnya kopi siap seduh, kopi giling, hingga kopi siap saji ukuran satu liter.

Hasil dari pemanfaatan platform daring pun terasa. Toko Kopi Tuku mengklaim penjualan laris manis . Produknya bahkan konsisten habis dalam hitungan menit. Serta puluhan ribu botol kopi literan terjual per minggunya.

Dua Coffee menjadi contoh lain dari bisnis kopi lokal yang memilih memaksimalkan bisnisnya secara daring. Menurut Omar Karim Prawiranegara, Co-Founder Dua Coffee, beralih fokus untuk berjualan dari di masa ini adalah sebuah keniscayaan. Bahkan 80% penjualannya kini datang dari pemesanan daring.

Melalui kampanye #SatuDalamKopi, Tokopedia memfasilitasi para pelaku industri kopi lokal demi menjaga kelangsungan usaha dengan mulai berjualan secara online.

Tokopedia menyediakan halaman khusus kampanye ini untuk menampung seluruh informasi yang mempermudah pengguna mendapatkan berbagai produk kopi lokal, seperti Kopi Gayo atau Java Preanger, yang merupakan produk unggulan dari Indonesia.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top