Pengusaha Adikoeosoemo Gelar Program Beasiswa Pascasarjana SMU

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
21 Mei 2022
marketeers article
Ilustrasi Haryanto Adikoesoemo Postgraduate Scholarship (Sumber: PT AKR Corporindo Tbk)
Haryanto Adikoesoemo, Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk, sebuah perusahaan publik di bidang logistik dan rantai pasokan yang bergerak di sektor perminyakan, distribusi bahan kimia, dan energi di Indonesia, telah menyumbangkan dana sebesar S$ 630.000. Dana ini ditujukan untuk program Beasiswa Pascasarjana Haryanto Adikoesoemo (Haryanto Adikoesoemo Postgraduate Scholarship) di Singapore Management University (SMU).
Beasiswa ini ditujukan untuk memotivasi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi pascasarjana mereka di bidang inovasi, modal manusia dan transformasi bisnis di SMU. Program beasiswa Adikoeosoemo ini juga ingin mendorong mereka untuk meraih pencapaian akademik yang lebih tinggi, serta memberikan pengakuan yang sesuai dengan prestasi mahasiswa Indonesia.
Haryanto Adikoesoemo, yang merupakan anggota SMU International Advisory Council di Indonesia merasa senang dapat memperluas kemitraannya bersama SMU melalui beasiswa pascasarjana ini. “Bersama-sama, kita bisa membangun generasi pemimpin yang inovatif dengan semangat keusahawanan. Saya berharap kontribusi ini mampu mendukung mereka yang memiliki tekad untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik,” ujar Haryanto Adikoesoemo dalam laporannya kepada Marketeers.
Ia pun sangat yakin bahwa program beasiswa Adikoeosoemo ini akan membantu menginspirasi dan mengembangkan keahlian yang dibutuhkan oleh kaum profesional berbakat untuk menjadi pemimpin di bidang teknologi, kewirausahaan, dan inovasi.
“Saya juga berharap ketika mereka kembali ke Tanah Air, para mahasiswa tersebut dapat berkontribusi kembali terhadap pembangunan ekonomi nasional,” tegasnya,
Associate Professor Themin Suwardy, Associate Provost (Postgraduate Professional Education) SMU mengatakan, begitu banyak mahasiswa Indonesia setiap tahunnya yang berminat untuk menempuh pendidikan pascasarjana di SMU.
“Sayangnya, karena keterbatasan keuangan, tidak semua orang dapat mengikuti program profesional di SMU. Kontribusi ini akan memberikan dukungan berarti bagi pelajar Indonesia untuk mewujudkan mimpi mereka,” jelas Themin.
Beasiswa ini juga menjadi program beasiswa pertama yang dibuka khusus bagi mahasiswa pascasarjana Indonesia yang menempuh studi mereka di SMU. Dimulai pada Tahun Akademik 2022/2023, sebanyak tiga beasiswa baru akan diberikan setiap tahunnya selama periode tiga tahun.
Masing-masing penerima beasiswa akan menerima bantuan keuangan sebesar S$ 70 ribu untuk memenuhi kebutuhan biaya perkuliahan tahunan penerima dan/atau biaya terkait studi lainnya serta biaya hidup di Singapura yang berlaku selama masa studi mereka di SMU.
Syaratnya, pelamar beasiswa harus terdaftar sebagai mahasiswa pascasarjana penuh waktu baru di SMU yang berkewarganegaraan Indonesia. Kandidat juga harus mampu menunjukkan prestasi akademik yang baik dan niat untuk kembali ke Indonesia dalam kurun waktu dua tahun setelah kelulusan mereka dari SMU.
Dalam upaya komunikasi, tim Admisi SMU akan mengunjungi kota Bandung dan Jakarta pada 19 hingga 21 Mei untuk bertemu langsung dengan para sarjana dan mengadakan roadshow pascasarjana pertama sejak mulainya pandemi COVID-19. Beragam sesi akan tersedia bagi calon mahasiswa dari Indonesia yang berencana menempuh pendidikan sarjana dan/atau pascasarjana di SMU.

Related