Career

Pentingnya Pengembangan Talenta Karyawan Saat Pandemi

PHOTO CREDIT: 123RF

Selama pandemi, perusahaan perlu beradaptasi dengan cepat. Menurut Bayu Janitra Wirjoatmodjo, CEO TopKarir Indonesia, di masa pandemi keberlangsungan bisnis harus dilakukan dengan cepat, aman, dan bergantung pada karyawan yang efektif dan efisien yang dimiliki perusahaan.

“Pada masa sulit, perusahaan banyak bergantung pada kemampuan karyawan untuk produktif. Karena itu, diperlukan talenta yang bekerja sesuai minat dan bakat, melek digital, multi tasking, dan cepat beradaptasi,” ujar Bayu.

Jika tidak memungkinkan untuk merekrut karyawan baru dengan skill yang baru, penting untuk perusahaan mengembangkan karyawan yang ada. Perusahaan perlu mempertimbangkan pentingnya talenta kerja sebagai aset yang menentukan bangkitnya perusahaan di tengah pandemi. Perusahaan juga perlu mengetahui spesifikasi skill yang dibutuhkan serta minat dan bakat karyawan.

Strategi ini dilakukan oleh PT Pan Brothers Tbk untuk dapat bertahan selama pandemi. Bahkan perusahaan ini dikatakan dapat membuka lapangan kerja baru sebagai respons dari pivot bisnis perusahaan dalam menghadapi COVID-19.

“Kami mencoba beradaptasi dengan membuka divisi baru untuk mengerjakan pembuatan APD dan masker. Inovasi ini sangat mendongkrak pertumbuhan perusahaan. Kami pun tidak menghilangkan lapangan kerja bahkan menambah lapagan kerja baru,” kata Anne Patricia Sutanto, Vice CEO PT Pan Brothers Tbk.

Anne menambahkan, mempertahankan karyawan saja tidak cukup. Perusahaan harus dapat mengembangkan kemampuan karyawan untuk bisa multi skill agar memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dan cepat.

“Pada proses pembuatan APD dan masker, ada pekerjaan tambahan yang membutuhkan SDM lebih dengan skill yang berbeda-beda. Kami pun berusaha mengembangkan talenta para karyawan dan juga calon karyawan,” pungkas Anne.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

Most Popular








To Top