Perbarui Layanan Panggilan Group, Ini Fitur Baru WhatsApp

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
20 Juni 2022
marketeers article
Fitur Baru WhatsApp Meluncur, Ini Rinciannya (FOTO:123RF)
Aplikasi perpesanan anak usaha Meta, WhatsApp kini memiliki fitur baru. Fitur baru yang diluncurkan ini merupakan pengembangan dari fitur panggilan grup aplikasi perpesanan populer tersebut. Will Cathcart, Head of WhatsApp mengatakan ada beberapa fitur baru yang bisa digunakan di dalam panggilan grup.
“Salah satu fitur baru dalam panggilan grup di WhatsApp adalah mute akses suara partisipan tertentu. Ini berguna jika salah satu partisipan lupa untuk menekan tombol mute ketika sedang tidak berbicara. Fitur baru lainnya juga memungkinkan pengguna mengirim pesan kepada partisipan panggilan grup secara langsung dari panggilan grup,” katanya melalui unggahannya di Twitter, Jumat (17/6/2022).
Jika dibandingkan dengan aplikasi konferensi berbasis virtual seperti Zoom atau Microsoft’s Teams, fitur baru WhatsApp ini lebih unggul. Alasannya, fitur ini mengizinkan pengguna untuk membatasi akses bicara partisipan dengan lebih spesifik. Sementara baik Zoom dan Microsoft’s Team, fitur mute masih menyasar ke seluruh partisipan dalam panggilan grup.
Soal kapasitas partisipan grup, layanan ini memang lebih sedikit dibandingkan dua aplikasi konferensi berbasis virtual di atas. WhatsApp memiliki kapasitas delapan hingga maksimal 32 orang yang dapat bergabung dalam panggilan grup. Fitur ini juga berguna seperti kata Will Cathcart, jika seseorang lupa menekan tombol mute sehingga muncul gema suara di dalam panggilan grup.
Fitur mute partisipan secara spesifik bukanlah pertama kali muncul. Sebelumnya, aplikasi panggilan dan konferensi berbasis video milik Google, yakni Google Meet sudah lebih dulu memiliki fitur ini. Namun, ini hanya satu dari deretan fitur baru WhatsApp yang meluncur bulan ini.
Seperti dijelaskan Will Cathcart, WhatsApp kini juga bisa mengizinkan pengguna untuk mengirim pesan secara langsung kepada salah satu partisipan di panggilan grup. Selain itu, WhatsApp juga akan memunculkan notifikasi jika seseorang masuk ke dalam panggilan grup jika panggilan sudah dimulai.
Sehari sebelum fitur ini dirilis, WhatsApp juga merilis fitur dimana pengguna bisa meningkatkan keamanan akun WhatsApp mereka. Fitur tersebut adalah pengaturan izin, siapa saja di dalam kontak pengguna yang dapat melihat foto profil pengguna, kapan terakhir membuka WhatsApp atau Last Seen, dan keterangan pengguna atau About.
Sebelumnya, ada fitur baru yang diluncurkan WhatsApp bulan ini. Aplikasi meluncurkan opsi bagi pengguna yang ingin mentransfer data dari gawai Android ke iPhone. Melalui fitur ini, pengguna dapat memindahkan riwayat obrolan percakapan, foto, video, bahkan pesan suara. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk yang ingin memindahkan dari iPhone ke Android, bukan sebaliknya.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related