Perbarui Lini Off-road, Ducati Luncurkan DesertX

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
18 November 2022
marketeers article
Ducati DesertX (FOTO: Ducati Indonesia)

Pabrikan sepeda motor asal Italia, Ducati melakukan pembaruan untuk lini sepeda motor off-road. Dinamai Ducati DesertX, motor baru ini dilengkapi mesin Testastretta 937 cc berkatup Desmodromic Testastretta 11° dan berpendingin cairan.

Dilengkapi dengan roda depan 21” dan belakang 18”, DesertX dikembangkan dengan fokus pada off-road dan disesuaikan dengan keahlian Ducati dalam menciptakan motor jalan raya sehingga memberikan hasil motor yang responsif, mudah dikendarai serta nyaman di segala rute baik off-road maupun aspal.

“Dengan diluncurkan nya produk DesertX, kami yakin akan menjadi acuan baru sepeda motor offroad maupun adventure di segmen premium Indonesia,” ujar Eja Donalsha, Chief Operating Officer Ducati Indonesia dalam siaran persnya, Jumat (18/11/2022).

Tata letak sasis Ducati DesertX baru mencakup rangka teralis dengan bahan yang baru, dikombinasikan dengan suspensi yang memiliki langkah panjang dan dapat disetel secara khusus, untuk memastikan pengoperasian yang efektif. Hasil dari optimalisasi semua komponen diklaim dapat menghasilkan motor yang efisien, semuanya dikemas sehingga memiliki berat kering 202 kilogram.

BACA JUGA: Mengintip Strategi Dealership Ducati Indonesia di Bawah LMI

Soal posisi berkendara, posisi jok memiliki tinggi 875 mm yang ketinggian jok ini masih dapat dikurangi dengan aksesori resmi dari Ducati, yaitu Lowered Seat dan Lowering Kit.

Kemampuan untuk melakukan perjalanan panjang didukung oleh kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 21L, serta jika diinginkan dapat ditambahkan tangki ekstra (dijual sebagai aksesori) sebesar 8L pada bagian belakang motor. Perpindahan bahan bakar dari depan ke tangki belakang akan aktif ketika tingkat bahan bakar di tangki utama berada pada level tertentu dan dapat diaktifkan dari dasbor.

DesertX juga memiliki kapasitas muat yang cukup besar, volume yang tersedia hampir mencapai 120L jika motor dilengkapi dengan tas serta boks atas yang berbahan aluminium. Sementara dari sisi mesin, mesin Testastretta 937cc ini mampu menghasilkan 110 hp pada 9.250 rpm dan torsi maksimum 92 Nm pada 6.500 rpm dalam konfigurasi Euro5.

BACA JUGA: Dipegang Distributor Baru, Ducati Kembali Beroperasi di Indonesia

DesertX baru hadir dengan enam Mode Berkendara yang bekerja dalam kombinasi dengan empat Mode Daya – Full, High, Medium, Low – yang mengubah tenaga dan daya tanggap mesin Testastretta. Fitur utama yang terbaru adalah dua pengaturan khusus untuk mode berkendara Enduro dan mode berkendara Rally, selain mode berkendara lainnya yang tersedia, seperti mode berkendara Sport, Touring, Urban dan Wet.

“DesertX akan menjadi tulang punggung penjualan Ducati Indonesia tahun 2023, dan Desert X kami jual dengan harga Rp 575 juta off the road,” pungkas Eja.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related