Perhatikan Hal Ini saat Mengambil Foto Produk

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
10 Agustus 2022
marketeers article
Fotografi kini tidak hanya bisa dilakukan dengan kamera profesional. | Foto: Ilustrasi 123RF

Foto menjadi sesuatu yang dapat menarik perhatian orang dan menjadi hal yang esensial dalam produksi konten fotografi. Pasalnya, fotografi digunakan untuk memvisualisasikan produk atau layanan yang ditawarkan.

Untuk menghasilkan konten yang baik, banyak orang sudah mengenal kamera atau kamera yang terdapat pada ponsel. Keduanya kini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan sebuah konten. Hal yang terpenting adalah konten yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diinginkan dan sesuai juga dengan target pasarnya.

Gregorius Edwin, Content Creator & Editor Jet Commerce Indonesia membagikan tips dan trik untuk menghasilkan foto yang apik. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan.

Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan terbagi menjadi soft lighting dan hard lighting. Untuk pencahayaan ini, dari hasil foto dapat terlihat bahwa memang pencahayaan yang masuk tidaklah terlalu tajam.

“Contohnya seperti saat kita mengambil gambar di saat golden hour atau matahari terbenam. Sehingga cahayanya pun lembut,” kata Gregorius Marketeers Hangout 2022: Ajang Kumpul UKM se-Indonesia bertema Belajar, Berkarya, dan Bertumbuh yang dihelat melalui Zoom, Rabu (10/8/2022).

Dalam hal ini, pengambilan foto juga harus menyesuaikan dengan mood yang ingin dibangun dan didapatkan di dalam gambar. Apakah untuk mendapatkannya perlu peralatan lengkap yang mahal?

Tidak juga. Gregorius memberikan saran untuk mendapatkan hasil dengan pencahayaan yang baik, Anda bahkan bisa menggunakan selembar kertas putih saja. Lalu, siapkan produk yang ingin diabadikan, foam board untuk mengisi cahaya, dan bisa pula memanfaatkan cahaya dari jendela.

“Dengan cahaya alami, kita juga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan,” katanya.

Posisi Objek Penting

Masih terkait dengan pencahayaan, penempatan objek juga penting untuk mendapatkan hasil foto yang tak biasa. Untuk mendapatkan hal ini, Gregorius menyarankan penggunaan The Rule of Thirds, Centering, dan Perspective.

Penggunaan metode pengambilan foto ini tidak hanya berlaku untuk kamera profesional saja. Akan tetapi, bisa diterapkan ketika mengambil gambar menggunakan ponsel. 

“Anda bisa meletakkan objek di bagian satu per tiga layar dengan komposisi yang pas bisa menghasilkan gambar yang bagus. Demikian pula dengan menempatkan benda di tengah (centering), proporsi yang pas bisa membuat foto Anda apik,” ucap Gregorius.

Ia juga menjelaskan perspektif saat mengambil foto juga penting. Ada 45 degree angle, yaitu mengambil gambar dengan posisi kamera miring 45 derajat di depan objek. Lalu, bird eye, kamera menangkap objek dari atas dan straight on yang mana membuat kamera menghadap objek secara langsung atau seringkali berada di eye level.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related