Perkuat Ekonomi Setempat, PLN Berdayakan UKM Perempuan

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
16 Juni 2022
marketeers article
Sumber: PLN
PT PLN (Persero) melaksanakan program pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) perempuan di Kalimantan Timur melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) berfokus pada pengembangan Sumber Daya Masyarakat (SDM) di wilayah dengan potensi pertumbuhan ekonomi dalam bidang UKM.
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) tahun lalu, UKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07% atau senilai Rp 8,5 triliun. Sebab itu, UKM menjadi penopang terbesar pengembangan ekonomi Indonesia sehingga sebagai pusat dorongan dari kegiatan suatu perusahaan.
Josua Simanungkalit, General Manager PLN UIP KLT mengatakan, saat ini pihaknya berfokus pada pemberdayaan masyarakat yang merupakan tujuan dari program TJSL. Hal ini sesuai dengan penerapan ISO 26000 serta Sustainable Development Goals (SDGs) termasuk arahan dari Kementerian BUMN.
Tahun ini, program pemberdayaan yang dilakukan UIP KLT menargetkan kegiatan pengembangan pemberdayaan perempuan melalui Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) diikuti oleh Kelompok Pemberdayaan Wanita lainnya. Nantinya, masyarakat akan diberikan bantuan berupa alat penunjang produksi sekaligus pembinaan dan pelatihan guna meningkatkan kompetensi pelaku usaha.
“Kami yakin, para perempuan-perempuan hebat ini akan menjadi pendorong kesejahteraan keluarga melalui keterampilan dan usaha yang dijalani,” kata Josua dikutip dari laman PLN.
Dalam pelaksanaannya, PLN memiliki enam program pemberdayaan UKM perempuan dan meliputi empat daerah di Kalimantan Timur. Programnya antara lain adalah Pembinaan dan Naik Kelas UKM kuliner yang termasuk dalam komunitas MC of Mangrove di Balikpapan.
Selain itu, ada juga program Pembinaan dan Naik Kelas Kelompok Usaha Bersama Amanah di Samarinda, Pembinaan dan Naik Kelas Kelompok Usaha Pemanik di Samarinda, Pengembangan Kelompok Pengrajin Tenun Ikat di Sangatta, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Tanaman Holtikultura dan Produksi Wedang Jahe Bawang Dayang di Berau.
“Harapan kami, semoga apa yang PLN upayakan untuk masyarakat, baik dalam rangka untuk menyediakan tenaga listrik yang andal, serta kegiatan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat hingga daerah sekitar dapat tercapai. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” tutur Josua.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related