Perkuat Ekosistem Konten, Google Gelar Pelatihan Wartawan

profile photo reporter Sigit Kurniawan
SigitKurniawan
30 Juni 2021
marketeers article
Melbourne, Australia May 23, 2016: Close-up view of Google apps on an Android smartphone, including Chrome, Gmail, Maps.
Pada tahun ini, Google kembali menggelar pelatihan untuk wartawan dalam payung program Google for Media.Dengan tema “Partnerships for a healthy web and content ecosystem”, Google bersama para penerbit berita berharap mampu mewujudkan masa depan situs berita dan ekosistem konten yang sehat. Apa yang dilakukan Google Indonesia ini mendapat sambutan baik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Mira Tayyiba, Sekretaris Jenderal/Plt. Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI mengatakan apresiasinya pada Google yang menghadirkan inovasi dan berbagai program untuk membantu jurnalis dan insan pers mengembangkan jurnalisme berkualitas.
“Ini sebagai salah satu syarat untuk menciptakan ekosistem web dan konten yang sehat. Kami juga menyambut baik peran Google sebagai situs pencarian yang mempermudah dan memperlancar proses penemuan konten otoritatif dan kredibel, karena sangat penting bagi kita untuk mengakses konten yang sah dan terpercaya,” kata seperti dikutip dari keterangan resmi Kemkominfo.
Mira menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, kementerian mengambil berbagai langkah percepatan transformasi digital guna mewujudkan program Indonesia Maju. Pemerataan dan peningkatan kualitas konektivitas digital; penciptaan ruang digital yang bersih, sehat, dan  produktif, serta peningkatan literasi dan kompetensi digital masyarakat merupakan sebagian dari program kementerian.
Mira menambahkan, seluruh upaya dan agenda pembangunan tersebut tidak dapat dilakukan sendiri. Dukungan dan kolaborasi multipihak sangat diperlukan, baik instansi pemerintah, pelaku bisnis, akademisi, maupun masyarakat luas, termasuk jurnalis dan insan pers Indonesia. “Untuk itu, kementerian mengajak semua pihak memperkuat  kemitraan dan kolaborasi guna mewujudkan Indonesia Digital. Indonesia terkoneksi, semakin  digital, semakin maju,” pungkas Mira.

Related