Perkuat Keamanan Siber, Google Luncurkan Advanced API Security

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
28 Juni 2022
marketeers article
Cyber Security (Foto: unsplash.com)
Google meluncurkan produk yang dirancang khusus untuk mendeteksi ancaman keamanan, yaitu Advanced API Security. Masuk ke dalam salah satu layanan Google Cloud, Advanced API Security dibangun di atas Apigee, sebuah platform Google untuk manajemen API. 
Singkatan dari application programming interface ini adalah suatu koneksi terdokumentasi antara komputer atau antara program komputer. Penggunaan API mengalami peningkatan dengan perincian lebih dari 61,6% pengembang lebih sering mengandalkan API pada tahun 2021 lalu.
Dengan tingginya penggunaan API tersebut, para pengembang juga menjadi sasaran serangan. Menurut laporan pada tahun 2018 berdasarkan vendor keamanan siber Imperva, dua pertiga organisasi mengekspos API yang tidak aman kepada publik dan mitra.
Vikas Ananda, Head Product Google Cloud mengungkapkan API yang salah konfigurasi dapat menjadi sumber masalah dari keamanannya. Sementara itu, setiap organisasi pasti ingin dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah tersebut. Namun, proses manajemen konfigurasi seringkali sulit dilakukan karena membutuhkan waktu dan sumber daya cukup besar.
“Advanced API Security memudahkan tim API untuk mengidentifikasi proxy API yang tidak sesuai dengan standar keamanan. Selain itu, Advanced API Security mempercepat proses identifikasi pelanggaran data dengan mengidentifikasi bot yang berhasil menghasilkan kode respon status sukses HTTP 200 OK,” kata Ananda dikutip dari TechCrunch.
Advanced API Security memiliki dua tugas utama, yaitu mengidentifikasi kesalahan konfigurasi API dan mendeteksi bot. Secara teratur, layanan akan menilai API yang dikelola serta memberikan rekomendasi tindakan lebih jauh saat mendeteksi masalah konfigurasi.
Untuk identifikasi bot berbahaya dalam lalu lintas API, aturan konfigurasi juga akan diberikan. Setiap aturan mewakili jenis lalu lintas yang berbeda dari alamat IP tunggal. Jika pola lalu lintas API memenuhi salah satu aturan, Advanced API Security akan melaporkannya sebagai bot.
Kehadiran Advanced API Security menjadi salah satu bentuk upaya Google dalam memperkuat penawaran keamanannya. Di bawah Apigee, Google akan terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan mereka, khususnya bagian keamanan, sehingga masyarakat dapat menikmati teknologi dengan nyaman. 
Editor: Ranto Rajagukguk

Related