Perluas Peluang Bisnis dengan Penerapan Digital Marketing

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
11 Juli 2022
marketeers article
Mengoptimalkan digital marketing dapat memperluas peluang bisnis. | Foto: Ilustrasi 123RF
Digital marketing atau pemasaran digital kini menjadi sesuatu yang tidak bisa diabaikan para pelaku bisnis dari berbagai skala. Mulai dari usaha kecil hingga yang besar sekalipun, penerapan strategi pemasaran ini menjadi esensial untuk membantu mereka tumbuh lebih kuat.
Ini merupakan salah satu dampak dari berkembangnya teknologi dan tidak ada salahnya untuk pelaku bisnis mulai berinvestasi pada digital marketing. Hal inilah yang terus didorong oleh Google Indonesia bersama para fasilitator, salah satunya Jefri Yushendri.
Jefri merupakan fasilitator di program Google Gapura Digital. Ia biasa mengajarkan materi tentang memanfaatkan Google Business Profile, Google Trend, hingga e-commerce.
“Selama lima tahun terakhir, sudah sekitar 10.000 UKM yang saya latih tentang digital marketing. Ini merupakan ilmu yang paling ingin saya bagikan, karena saya percaya teknologi dapat membawa kemudahan untuk setiap pekerjaan. Pelaku bisnis juga bisa mengenalkan dan mengembangkan usahanya lebih luas agar mendapat peluang yang lebih besar lagi dengan menerapkan digital marketing,” kata Jefri. 
Berikut beberapa tips dari Jefri bagi pelaku usaha yang mulai menerapkan digital marketing pada bisnis.
Kenali Pelanggan Anda 
Anda yang berbisnis di Indonesia perlu mengetahui karakteristik dari para pelanggan. Memahami hal ini sangat penting karena Anda bisa mengetahui kebiasaan hingga keinginan mereka. Jadi, Anda bisa menyediakan solusi atau produk yang tepat bagi konsumen.
Pemahaman ini juga penting bagi Anda yang mulai go digital. Pasalnya, penjual dan pembeli biasanya memiliki cara pandang yang berbeda.
“Bagi pemilik toko, penggunaan aplikasi online untuk chat dengan pelanggan menjadi penting untuk dapat menghasilkan penjualan. Sedangkan bagi pelanggan, pembelian secara online menjadi hal yang membutuhkan kehati-hatian, apalagi jika penjual belum pernah berhubungan dengan pelanggan,” ujar Jefri.
Pelanggan biasanya akan melakukan pengecekan pada situs penjual untuk memeriksa testimoni pelanggan sebelumnya. Barulah mereka akan memutuskan membeli produk.
Memahami karakteristik ini bisa membuat penjual menjadi lebih berhati-hati dan teliti ketika melayani pelanggan.
Paham Mengapa Go Digital Penting
Anda harus memahami mengapa bertransformasi digital menjadi penting dan bukan sekadar memastikan nama bisnis Anda tampil ketika dicari secara online. Lebih dari itu, go digital ini punya tiga keutamaan, yakni penjual bisa menemukan pelanggan baru, meningkatkan efektivitas kerja, serta mengembangkan peluang bisnis.
Manfaatkan Tools Digital
Setelah memahami hal-hal di atas, Anda harus mengoptimalkan digital marketing dengan memanfaatkan teknologi. Misalnya saja dengan menggunakan berbagai tools yang disediakan Google.
Pertama, Anda bisa mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku. Lalu, meningkatkan efektivitas kerja dengan Gmail, Google Calendar, Google Drive, Google Docs, dan Google Meet. Sementara itu, untuk mengembangkan peluang usaha, Anda bisa memanfaatkan Google Trends, Google Analytics, dan consumer barometer.
Pemanfaatan tools yang optimal dapat membantu Anda meningkatkan kualitas bisnis. Dengan demikian, tidak hanya penjualan saja yang bisa meningkat tetapi Anda juga bisa memperluas pasar. 
Editor: Ranto Rajagukguk

Related