Permintaan Tinggi, HPM Beberkan Kendala Produksi Honda HR-V

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
09 April 2022
marketeers article

PT Honda Prospect Motor (HPM) menuai respons positif terkait model All-new Honda HR-V yang sudah memasuki proses produksi. Pemesanan model sport utility vehicle (SUV) teranyar Honda dari konsumen di seluruh Indonesia itu telah mencapai 5.195 unit hingga data terkini yang tercatat pada Rabu (6/4/2022). Namun, HPM mengalami kendala untuk memenuhi pemesanan unit tersebut dalam waktu dekat.

Salah satu kendala utama dalam proses produksi model All-new Honda HR-V menurut HPM adalah kelangkaan perangkat chip semikonduktor. Bahkan, kekurangan suplai komponen tersebut membuat produsen asal Jepang mengalihkan prioritas produksi demi mengurangi masa tunggu pesanan atau inden konsumen di berbagai daerah pada tahun ini.

“Kapasitas komponen ini terbatas dan dialami seluruh fasilitas produksi Honda secara global, walaupun kami juga sudah mengajukan permintaan tambahan. Kami menyampaikan permohonan maaf kepada para konsumen karena bulan Maret 2022 kami hanya merealisasikan produksi (sekitar)1.500 unit All-new Honda HR-V sementara perkiraan bulan ini hanya sampai 1.300,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy, saat menemui awak media pada Kamis (7/3/2022).

Upaya mengatasi kendala produksi All-new Honda HR-V dilakukan oleh HPM dengan melakukan pemantauan setiap pekan, terkait rantai pasokan komponen. HPM bertekad untuk dapat meningkatkan kemampuan produksi seluruh produknya, termasuk model All-New Honda HR-V, setiap bulan walaupun belum ada titik terang mengenai solusi kelangkaan komponen ini dalam waktu dekat.

Adanya kendala produksi dan indent unit All-new Honda HR-V tidak membuatnya kehilangan peminat dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Billy mengungkap bahwa model kendaraan tersebut mencatatkan jumlah pemesanan tertinggi hingga pameran berjalan dari 31 Maret hingga 6 April 2022 sebanyak 123 unit.

“Kami dalam kesempatan ini menyampaikan permohonan maaf kepada konsumen yang memesan unit All-new Honda HR-V karena harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan kendaraan pada tahun ini. Kami akan terus memaksimalkan produksi untuk segera memenuhi pemesanan itu,” ujar Billy menambahkan.

Kontribusi model All-new Honda HR-V tersebut menyumbang hingga sekitar 31% dari total pemesanan kendaraan yang dicatatkan HPM yakni 401 unit dalam pameran IIMS Hybrid 2022. Jumlah pemesanan tersebut disamai oleh banyaknya konsumen, yang menyatakan minat untuk membeli model kendaraan Honda Brio Satya dalam pameran yang sama.

Model All-new Honda HR-V yang mengalami kendala produksi di Indonesia, ditawarkan mulai dari Rp 355,9 juta untuk varian S CVT hingga Rp 499,9 juta bagi tipe Turbo RS. Dalam peluncurannya pada akhir Maret 2022 lalu, Billy menyebut Honda HR-V diperkenalkan di Indonesia pada saat yang tepat. Khususnya, ketika segmen medium SUV mulai tumbuh karena didorong konsumen generasi baru yang lebih muda.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Related