Resource & Energy

Pertamina Raih Dua Penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Pandemi COVID-19 banyak memberikan dampak negatif pada berbagai industri, namun tidak membuat PT Pertamina International Shipping (PIS) berhenti melakukan inovasi. Bahkan, konsistensi membuat terobosan ini telah membuahkan hasil. Perusahaan ini mendapat dua penghargaan sekaligus di ajang Ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021.

Hal tersebut membuktikan eksistensi PIS dalam pengelolaan bisnisnya. Perusahaan ini telah melewati proses seleksi dan penjurian secara ketat dari 100 perusahaan di Indonesia. Dewan juri yang diikutsertakan untuk menilai ini pun dari Praktisi Bisnis Profesional dan Institusi Pendidikan.

Penghargaan pertama adalah terbaik untuk kategori Hubungan Eksternal atas Inovasi untuk program Automasi Tanker Monitoring. PIS melalui program inovasi efisiensi dalam biaya operasional / transportation cost dengan menciptakan aplikasi Enhance Daily Tanker Position (EDTP) yang terus dikembangkan ke versi digital dalam program pengembangan automasi tanker monitoring.

Inovasi Digital EDTP ini juga diterapkan Pertamina secara Korporasi dalam rangkaian monitoring Supply & Distribution untuk seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, dapat mengetahui posisi real time armada kapal PIS yang berlayar di perairan internasional, dari Control Room Pertamina Command Center (PCC) sebagai Pusat Pengendali.

“Inovasi ini merupakan salah satu bukti program restrukturisasi Holding Subholding Pertamina berjalan dengan baik Penunjukan PIS sebagai Subholding Shipping telah mengakselerasi pertumbuhan PIS menjadi Integrated Marine Logistics Company dan sebagai bentuk respon kecepatan PIS sebagai Subholding pertama yang memperoleh status legal end state, tutur Arief Kurnia Risdianto selaku Direktur Operasi PT PertaminaInternational Shipping  pada siaran pers Jumat, (20/08/2021).

Sementara penghargaan kedua yang merupakan penghargaan khusus perorangan untuk CEO PT PIS Erry Widiastono berhasil meraih penghargaan sebagai Strategic Innovative Corporate Leader.  Erry menyampaikan terima kasih kepada IDX Indonesia karena telah menggelar kegiatan positif yang dapat mendorong bisnis melalui pengembangan inovasi yang dapat diterapkan di level strategi dan operasi perusahaan.

“Semoga penghargaan ini bisa terus mendorong Pertamina International Shipping untuk terus meningkatkan skala bisnisnya serta memberikan kontribusi terbaik untuk negeri dan dapat menginspirasi bangsa untuk tetap berinovasi di masa pandemi,” tutup Erry.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top