Pertamina Retail Bukukan Laba Bersih Rp 162,68 Miliar Sepanjang 2023

marketeers article
Pengisian bahan bakar minyak di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Sumber gambar: 123rf

PT Pertamina Retail (PTPR) mengantongi laba bersih Rp 162,68 miliar sepanjang tahun 2023. Hal itu mengemuka dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023.

Fedy Alberto, PTS Direktur Utama Pertamina Retail menjelaskan laba bersih dicapai dari pendapatan perusahaan yang mencapai Rp 24,36 triliun. Adapun pendapatan pada tahun 2023 meningkat sebesar 22% dari capaian tahun sebelumnya yang didapatkan dari ekspansi bisnis serta peningkatan pelayanan Fuel Retail dan Non-Fuel Retail (NFR).

BACA JUGA: Pertamina Berhasil Tingkatkan Produksi Migas Blok Rokan dan Mahakam

“Dalam kinerja operasinya, Pertamina Retail telah berhasil mencatatkan peningkatan total penjualan bahan bakar (fuel retail) baik dalam bentuk Gasoil, Gasoline, dan BBG, sejumlah Rp 23,83 triliun atau meningkat sebanyak 22% dibanding tahun 2022. Sedangkan pada sektor NFR, PT Pertamina Retail sukses membukukan pendapatan sebesar Rp 524,98 miliar atau naik 32% dibandingkan tahun 2022,” kata Fedy melalui keterangannya, Jumat (31/5/2024).

Peningkatan total pendapatan Pertamina Retail didukung oleh perkembangan dan penambahan outlet dari beragam layanannya. Di sektor Fuel Retail, terdapat 17% penambahan outlet SPBU menjadi 266 unit.

BACA JUGA: Pertamina Temukan Cadangan Minyak 140 Juta Barel

Dari jumlah tersebut di dalamnya terdapat 167 unit SPBU Green Energy Station dan 40 unit infrastruktur kendaraan listrik. Selanjutnya, di sektor NFR, terdapat penambahan outlet Bright Store sebanyak 126% menjadi 443 outlet.

Pencapaian kinerja positif Pertamina Retail juga ditunjang oleh implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang dapat berkompetisi, serta mampu menjaga kelestarian lingkungan.

“Terdapat 12 program utama TJSL yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, dan sosial. Beberapa diantara program tersebut mendapatkan penghargaan di tingkat nasional,” ujarnya.

Chrisnawan Anditya, Komisaris Utama Pertamina Retail mengapresiasi capaian baik yang telah ditorehkan perusahaan sepanjang tahun 2023. Pencapaian kinerja positif Pertamina Retail juga ditunjang oleh implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang mendukung pengembangan sumber daya manusia yang dapat berkompetisi, serta mampu menjaga kelestarian lingkungan.

“Terdapat 12 program utama TJSL yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, dan sosial. Beberapa diantara program tersebut mendapatkan penghargaan di tingkat nasional,” kata dia.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related