Property

Pesona Wilayah Tangerang vs Tangerang Selatan untuk Para Komuter

Ilustrasi: 123RF

Wilayah Ibu Kota Jakarta masih menjadi destinasi banyak orang untuk meniti karier atau mengembangkan bisnis. Di sisi lain, ketersediaan tempat tinggal di Jakarta kian sedikit, belum lagi harganya yang terus meningkat. Alternatifnya, para komuter yang bekerja di Jakarta mencari tempat tinggal di wilayah kota satelit, seperti Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang, atau Tangerang Selatan. 

“Tangerang sepi! Tangerang jauh! Ada apa di Tangerang Selatan?” Kalimat ‘meremehkan’ ini mungkin sering terdengar sepuluh tahun lalu. Namun, sekarang segalanya telah berubah di Kota Tangerang maupun Tangerang Selatan yang menjadi tetangga dekat Jakarta.

Anda tertarik untuk investasi properti di Kota Tangerang atau Tangerang Selatan? Yuk, ketahui dulu plus minus yang dikutip dari laman Dekoruma agar membeli rumah atau tanah kavling di sana menguntungkan untuk jangka panjang.

Apa beda Tangerang dan Tangerang Selatan? 

Bukannya sama-sama Tangerang. Memangnya berbeda? Jawabannya “iya”. Tangerang yang berada di bagian timur Provinsi Banten berubah dari kabupaten menjadi kota madya sejak tahun 1993. Kota seluas 153,9 km² ini terdiri atas 13 kecamatan dan 104 kabupaten yang berkembang semakin pesat.

Wilayah yang termasuk kecamatan di Tangerang yaitu Batuceper, Benda, Cibodas, Ciledug, Cipondoh, Jatiuwung, Karang Tengah, Karawaci, Larangan, Neglasari, Periuk, Pinang, dan Tangerang. Nah, Kecamatan Tangerang sendiri terbagi lagi menjadi 8 kelurahan, yaitu Babakan, Buaran Indah, Cikokol, Kelapa Indah, Sukaasih, Sukarasa, Sukasari, dan Tanah Tinggi.

Sementara Tangerang Selatan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang yang terletak 30 km sebelah barat Jakarta. Terdiri atas tujuh kecamatan dan 54 kelurahan serta menjadi kota terbesar kedua di Provinsi Banten setelah Tangerang dari segi jumlah penduduk. Wilayahnya dengan luas 147,2 km² meliputi Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang, Pondok Aren, Serpong, Serpong Utara, dan Setu. 

Hunian sesuai kebutuhan

Kota Tangerang sejak lama sudah menarik perhatian banyak orang sebagai hunian potensial. Pembangunan yang tergolong pesat membuat lahannya cepat dipenuhi oleh perumahan bersubsidi hingga real estate eksklusif, apartemen, ruko, area perkantoran, pergudangan, maupun pusat perbelanjaan. 

Saking berkembangnya, Tangerang sudah memiliki beberapa kota mandiri berkat campur tangan para pengembang. Anda pasti tahu Lippo Karawaci, Citra Raya, dan Alam Sutera. Ketiga perumahan ini punya fasilitas komplet, mulai dari mal hingga rumah sakit yang membuat penghuninya tidak perlu bermacet-macet dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Di sisi lain, nih, perkembangan Tangerang Selatan juga tidak ketinggalan. Ada Bintaro Jaya, BSD City, serta Summarecon Serpong sebagai kota mandiri yang menawarkan berbagai kemudahan dengan lingkungan premium. Tenang, harga properti di Tangerang Selatan masih cukup terjangkau, contohnya di Tenjo mulai dari Rp 170 juta.

Pilihan akses tak terbatas 

Salah satu faktor penting dari hunian idaman adalah kemudahan aksesnya. Harga murah tapi sulit dijangkau, tentu tidak menarik bagi para pemburu properti. Namun, tidak demikian dengan rumah dijual di Kota Tangerang maupun Tangerang Selatan. Keduanya menawarkan banyak pilihan sehingga nyaman bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi atau memilih transportasi umum.

Kota Tangerang bisa diakses melalui Jalan Tol Jakarta – Tangerang sepanjang 26 km yang juga terhubung ke Tol Tangerang – Merak serta Tol Lingkar Dalam Jakarta. Asyiknya, masyarakat Tangerang bisa menggunakan jalan biasa untuk mencapai Bandara Internasional Soekarno – Hatta kurang dari 30 menit berkendara. Sementara Jalan Tol Ulujami – Serpong yang melalui Bintaro dan Pesanggrahan menjadi penghubung antara Jakarta dan Tangerang Selatan. Tangerang juga relatif dekat dengan daerah Jakarta Barat

Tidak ketinggalan bus dan kereta api Commuter Line bisa dipilih jika malas berjibaku dengan kemacetan menuju ke arah Jakarta. 

Sarana pendidikan kian meluas

Bagi keluarga muda pasti juga mempertimbangkan faktor sarana pendidikan sebelum membeli properti. Bisa dibilang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan menawarkan berbagai jenjang pendidikan bagi buah hati Anda. 

Sekolah negeri, swasta, hingga kampus bergengsi mulai banyak menempati lahan di kedua lokask. Sebut saja BINUS School di Serpong, Universitas Pelita Harapan di Karawaci, atau Universitas Prasetiya Mulya di BSD City.  

Itulah beberapa kelebihan Tangerang dan Tangerang Selatan yang harus diketahui sebelum investasi properti. Minusnya? Jika Anda tidak segera menetapkan pilihan karena harga rumah dijual maupun tanah di wilayah terus naik dari tahun ke tahun.

MARKETEERS X








To Top