Pintek Ambil Andil dalam Program Pendidikan SIPLah

profile photo reporter Annisa Bella Syana.S.
AnnisaBella Syana.S.
01 April 2021
marketeers article
Perusahaan teknologi finansial untuk sektor pendidikan, Pintek ambil andil dalam program Sistem Pengadaan Informasi Sekolah (SIPLah) yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.
Melalui program Pintek Conference Roadshow, Pintek mengedukasi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pendidikan untuk berkembang melalui SIPLah. Roadshow ini merupakan ruang diskusi untuk bertukar informasi dan berbagi pengetahuan antarpelaku UKM di bidang pendidikan.
Pintek Conference Roadshow akan hadir di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Denpasar, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta sejumlah wilayah lain di Indonesia.
“Selain itu, acara ini juga sebagai bentuk langkah inovasi kami untuk mendukung sektor pendidikan dengan mensosialisasikan produk Pintek pembiayaan UKM pendidikan. Kami berharap produk Pintek dapat membantu permodalan UKM dalam memenuhi kebutuhan maupun permintaan dari sekolah,” jelas Tommy Yuwono, Co-founder dan Direktur Utama Pintek di Jakarta, Selasa (30/03/2021).
SIPLah dirancang untuk dapat digunakan dalam pengadaan barang dan jasa sekolah yang dilakukan secara daring melalui mitra marketplace SIPLah. Program ini diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan efektivitas serta pengawasan pengadaan barang dan jasa sekolah yang bersumber dari dana BOS. Sistem ini yang memfasilitasi UKM yang bergerak di bidang pendidikan untuk menyediakan kebutuhan sekolah, seperti buku, seragam, barang elektronik, dan perlengkapan kebutuhan lain.
Adapun tantangan yang dihadapi oleh UKM pada masa pandemi. Menurut survei Asian Development Bank (ADB) terkait dampak pandemi terhadap UMKM di Indonesia, 88% usaha mikro kehabisan kas atau tabungan, dan lebih dari 60% usaha mikro kecil ini sudah mengurangi tenaga kerjanya. Selain itu, berdasarkan data oleh Kementerian Koperasi dan UKM ada total 64 juta UMKM di Indonesia, hanya 8% yang terdaftar di marketplace.
Untuk itu, Kementerian Koperasi dan UKM mendukung terwujudnya digitalisasi UKM pada setiap strateginya, salah satunya adalah mendukung UKM untuk bergabung di salah satu mitra marketplace SIPLah.
Pintek mengajak UKM untuk mengembangankan potensi bisnis yang lebih optimal bersama SIPLah, sekaligus mengedukasi UKM yang belum tergabung untuk memanfaatkan program SIPLah dalam pemasaran penjualan secara daring.
Dengan terintegrasi pada SIPLah, transaksi UKM dapat lebih masif dan sistematis secara digital sehingga memudahkan untuk pengembangan bisnis ke depan. Selain itu, strategi digitalisasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan UKM dengan memasok kebutuhan institusi pendidikan di tiap-tiap daerah.
“Kolaborasi ini tentu membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, mulai dari pelatihan hingga realisasinya, terutama dengan kehadiran Pintek sebagai perusahaan yang memberikan inovasi keuangan untuk pendanaan modal usaha bagi UKM atau Vendor SIPLah,” ungkap Dwi Andriani, Asisten Deputi Pengembangan SDM Kemenkop UKM.

Related