Pinterest Luncurkan ‘Shuffles’, Berikan Pengguna Ruang Kembangkan Ide

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
02 Agustus 2022
marketeers article
Shuffles App (Foto: App Store)
Dikenal sebagai sumber ide desain, Pinterest ingin mendorong pengguna untuk memanfaatkan kreativitas mereka sendiri melalui peluncuran aplikasi baru bernama Shuffles. Aplikasi yang yang akan tersedia untuk pengguna iOS terlebih dulu ini berperan untuk menyusun kolase menggunakan foto, cutout gambar, dan efek animasi lainnya. 
Berdasarkan deskripsi di App Store, Shuffles memberikan kesempatan pada pengguna untuk dapat membuat kolase mereka sendiri menggunakan perpustakaan foto Pinterest atau mengambil foto objek yang ingin disertakan melalui kamera. Pengguna juga dapat memotong objek individual dari dalam gambar hanya dalam satu ketukan. 
Kemudian, terdapat beberapa fasilitas untuk gambar di Shuffles seperti rotate, overlay, serta perubahan ukuran di layar dan efek animasi lucu. Hasil dari Shuffles ini dapat dibagikan pada teman-teman untuk kolaborasi atau diunggah pada grup publik, yang mana orang lain dapar me-remix gambar tersebut dengan kreasi mereka sendiri.
Meskipun perusahaan belum secara resmi mengumumkan perilisan resmi seputar Shuffles, juru bicara Pinterest mengonfirmasi bahwa aplikasi tersebut berasal dari inkubator internal barunya, TwoTwenty, yang dirilis pada bulan November tahun lalu.
“Shuffles adalah aplikasi mandiri yang dibuat oleh TwoTwenty, tim inkubator inovatif Pinterest. Shuffles adalah cara yang menarik untuk membuat, menerbitkan, dan berbagi konten visual. Dengan makin banyak orang yang datang ke platform kami untuk mendapatkan inspirasi kreatif, kami terus bereksperimen dengan cara baru untuk membantu Pinner dan kreator mewujudkan ide mereka,” ujar juru bicara Pinterest dikutip dari TechCrunch. 
Sejauh ini, Pinterest telah berupaya untuk membuat transisi sebagai pinboard gambar dan situs bookmark yang juga membantu transaksi e-commerce guna beradaptasi di era kegiatan jual-beli melalui konten video. Namun, TwoTwenty tidak hanya dimaksudkan untuk bereksperimen dengan video, tetapi berfokus untuk meneliti, membuat prototipe, dan menguji berbagai ide baru untuk melihat apakah ada daya tarik.
Hal ini juga menjadi pendorong penciptaan Shuffles untuk melengkapi fitur-fitur yang telah ada di Pinterest. Dengan demikian, perusahaan berharap aplikasinya cepat menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan pengguna masa kini.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related