PLN Mobile Punya Fitur Marketplace, Omzet UKM Binaan Melejit

profile photo reporter Ranto Rajagukguk
RantoRajagukguk
09 Juni 2022
marketeers article
Erick Thohir Rombak Direksi dan Komisaris PLN, Ini Susunan Lengkapnya. (FOTO: Dok PLN)
PT PLN (Persero) menyediakan layanan bernama marketplace PLN Mobile untuk memudahkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan memasarkan hasil produknya ke pelanggan. Total omzet para mitra UKM yang memanfaatkan platform dan telah terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile mencapai lebih dari Rp 4 miliar.
Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PLN Agus Yuswanta mengatakan selama ini PLN hanya memberikan pendampingan dan modal saja bagi para mitra binaan. Akan tetapi, dengan adanya fitur marketplace ini, PLN juga memberikan wadah pemasaran bagi para mitra binaan untuk menjual dan mempromosikan produknya. 
”Mitra binaan PLN rata-rata berasal dari daerah yang jauh dari perkotaan dan minim teknologi. Penjualannya pun terbatas karena kurang nya media promosi dan pemasaran sehingga perlu kita bantu dan dorong untuk bergabung dalam marketplace ini,” kata Agus dalam keterangannya, Kamis (9/6/2022).
Dari total omzet lebih dari Rp 4 miliar UKM yang telah memanfaatkan fitur marketplace untuk memasarkan produknya pun beragam. Untuk kerajinan, omzet yang terkumpul senilai Rp 619,5 juta, sementara fashion berhasil dihasilkan Rp 521,3 juta, dan produk food and beverage mencapai Rp 2,8 miliar. 
Agus mengajak dan mendorong para UKM binaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN untuk bergabung dalam marketplace ini, sehingga akan meningkatkan penjualan UKM yang juga dapat meningkatkan keuntungan. “Harapannya setelah mereka tergabung, penjualannya akan semakin besar dan luas, sehingga keuntungan pun meningkat,” ujar Agus.
Agus menambahkan dengan terintegrasinya marketplace ini dengan PLN Mobile, masyarakat atau pelanggan bisa langsung berbelanja untuk ikut membantu pemberdayaan UKM sambil memenuhi kebutuhan listriknya. Pasalnya, PLN mengadakan program bundling, salah satunya diskon tambah daya dengan pembelian produk di marketplace.
Fitur marketplace pada aplikasi PLN Mobile mulai di-launching pada acara Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Fest Tahun 2021 yang ditujukan untuk mendukung UKM binaan PLN Group baik dari unit PLN, anak perusahaan, Rumah BUMN, hingga Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN. Hal itu merupakan wadah bagi para pegawai PLN dalam menyisihkan zakat profesi yang dikeluarkan setiap bulannya yang hingga saat ini jumlah yang telah tergabung sebanyak 221 UKM setelah melalui proses kurasi.
Salah satu UKM binaan PLN UID Banten, yaitu Golok Eyang Yani dari Kabupaten Serang sudah bergabung dalam Marketplace PLN Mobile. Pemilik Golok Eyang Yani, Ubaedi menyampaikan rasa syukurnya karena sangat terbantu dengan promo yang diberikan saat ini.
Ubaedi juga menyampaikan di PLN Mobile banyak promo-promo yang ditawarkan, yang akhirnya produk seller termasuk Golok Eyang Yani penjualannya meningkat. “Setelah menggunakan PLN Mobile, Alhamdulillah penjualan bisa menjangkau ke daerah-daerah yang ada di Indonesia. Bisa berkumpul dengan para UKM hebat yang menjadi binaan PLN dengan berbagai bidang produk dan keunikannya masing-masing,” ujar Ubaedi.

Related