PLN-Sucofindo Jalin Kerja Sama Tingkatkan TKDN Ekosistem Kelistrikan

profile photo reporter Ranto Rajagukguk
RantoRajagukguk
24 November 2022
marketeers article
Genjot Transisi Energi, PLN Siapkan Pembangkit EBT yang Fleksibel. (FOTO: Dok PLN)

PT PLN (Persero) bersama PT Sucofindo berkolaborasi untuk pengembangan ekosistem kelistrikan nasional. Kedua perusahaan bersinergi untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sehingga bisa menggerakkan ekonomi nasional.

Nota kesepahaman ini diteken dengan disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada perhelatan pembukaan  PLN LOCOMOTION 2022-Local Content Movement for The Nation. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kegiatan ini mampu mendukung langkah bersama dalam peningkatan TKDN. 

BACA JUGA: Menko Airlangga Dukung PLN untuk Tingkatkan TKDN

Ia mengatakan dengan TKDN selain bisa menekan ketergantungan impor bahan baku sekaligus dapat mendorong pertumbuhan industri dalam negeri.

“Realisasi TKDN atau substitusi impor dengan menggunakan bahan baku lokal ampuh menghemat cadangan devisa, sehingga mampu memperkuat nilai rupiah. Kemudian untuk merealisasikannya kita perlu dorong agar produksi nasional dapat mendukung tantangan besar dalam penyediaan infrastruktur kelistrikan dalam menyediakan industri,” kata Airlangga dalam keterangan pers PLN, Kamis (24/11/2022). 

BACA JUGA: 1.844 Gardu Beroperasi, PLN Pulihkan 100% Sistem Kelistrikan Cianjur

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN menegaskan komitmen perusahaan dalam merealisasikan TKDN. Saat ini, capaian TKDN yang telah diraih PLN mencapai 48,95%. Hingga 2024 mendatang, PLN melakukan serangkaian upaya untuk bisa mencapai target TKDN sebesar 50%.

“PLN terus berkomitmen mendorong  peningkatan TKDN hal ini sejalan dalam dukungan terhadap peningkatan daya saing industri dan realisasi mewujudkan visi Indonesia Maju di tahun 2045 melalui transformasi ekonomi,” ujar Darmawan.

Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, Direktur Utama Sucofindo siap mendukung PLN dalam merealisasikan penyediaan infrastruktur kelistrikan yang sesuai jaminan kualitas mutu. Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah dalam upaya mendorong pertumbuhan industri dalam negeri dan peran BUMN sebagai motor penggerak perekonomian nasional.

“Kami siap membantu dalam realisasi penyediaan infrastruktur kelistrikan, khususnya membantu PLN, dari hulu ke hilir, melalui layanan jasa Survey, Inspeksi, Verifikasi, dan Konsultansi,” ucap Mas Wigrantoro.

Ia juga mengatakan dukungan ini juga sejalan dengan realisasi percepatan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030, yang disepakati oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PLN pada 28 September 2021. Mas Wigrantoro menambahkan Sucofindo mampu mendukung realisasi peningkatan Penggunaan Dalam Negeri (PDN) PLN melalui layanan verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Selain itu, kami juga siap membantu untuk layanan konsultasi dan sosialisasi secara masif,” tutur Mas Wigrantoro.

Related