Lifestyle & Entertainment

Potensi Ekonomi Besar, Iseereds Dukung Pengembangan Ikan Arowana

Selama pandemi COVID-19, banyak hobi yang booming, mulai dari bersepeda, bercocok tanam, hingga memelihara hewan. Memelihara ikan cupang adalah satu yang begitu meledak hingga saat ini. Tidak hanya ikan cupang, penggiat hobi memelihara ikan arowana juga tidak mau kalah. Bahkan, Iseereds, salah satu breeder ikan arowana telah menggelar kompetesisi dan pameran bertajuk Iseereds Charity and Champion League: Arowana Competition & Expo 2021.

Kompetisi Arowana jenis Super Red ini bertujuan untuk mengenalkan ke masyarakat luas bahwa ikan hias terbaik didunia itu adanya di Indonesia, sekaligus juga ingin melestarikan dan membudidayakan jenis ikan purba ini agar tidak punah. Lebih dari itu, menunjukkan potensi besar dari bisnis ikan arowana yang bisa membantu ekonomi masyarakat. Mengingat, ikan arowana semakin diminati di luar negeri, seperti  Singapura, Malaysia, Hongkong, Tiongkok, Jepang,  dan Filipina.

Penyelenggaraan event ini juga mendapat dukungan langsung dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang turut hadir di Iseereds Charity and Champion League: Arowana Competition & Expo 2021. Bahkan, pria yang kerap akrab disapa Bamsoet tersebut kagum dengan adanya ikan asli Indonesia yang sangat mahal harganya mencapai nilai miliaran rupiah, yang ia lihat langsung. Ia berpesan agar Iseereds dapat terus menyelenggarakan berbagai event, pameran serta mengedukasi arowana ke seluruh masyarakat Indonesia.

“Seperti pesan yang disampaikan Pak Bamsoet agar terus menggaungkan Arowana seluas-luasnya karena kita harus bangga adanya ikan asli Indonesia. Selain unik dan indah, Arowana juga mempunyai nilai bisnis yang merupakan bagian dari Investasi. Untuk itu kami berharap, pemerintah mendukung pelestarian arowana di Indonesia dan memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnisnya,” kata  Edy, , yang mendirikan Iseereds bersama  Michael Leonard  dan Rudyanto Gunawan. Kompetesi dan pemeran ikan arowana diadakan pada 3-7 Maret 2021 di Pacific Place Mall, Jakarta.

Selain itu, tambahnya, pameran ini bertujuan untuk mengikis persepsi bahwa hobi arowana itu hanya  diminati oleh lapisan kelas atas saja. Nyatanya sekarang banyak lapisan bawah dan menengah mulai beralih ke arowana, karena mengurus Arowana itu tidak sulit. Bahkan di masa pandemi saat ini, banyak orang yang sudah serius untuk membudidayakan arowana, mulai dari mencoba sebagai breeder, penjual akuarium, penjual makanan arowana yang notabene terjadi perputaran roda perekonomian juga. “Bisa dibilang ini adalah hobby yang menghasilkan uang,” tambahnya.

Kompetisi Arowana jenis Super Red yang diikuti oleh 35 peserta terbagi dalam 3 kelas, yakni kecil, sedang, besar. Semua kontestan yang umumnya juga bergabung di berbagai komunitas arowana di Tanah Air, dipilih dari seleksi yang cukup ketat, berbagai ikan tersebut umumnya juga merupakan pemenang diberbagai kontes kejuaraan arowana yang pernah ada sebelumnya.

“Tanpa mengecilkan serta mengesampingkan jenis ikan hias lainnya, Masyarakat kita harus tahu bahwa salah satu jenis ikan terbaik di dunia itu adalah arowana. Adanya event ini bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat luas bahwa dengan membudidayakan arowana juga memberikan dampak yang positif tidak hanya untuk pelestarian atau hobi semata, namun jika diseriusi bisa mendatangkan hasil bisnis dengan omzet yang cukup besar bagi para pelaku usahanya,” pungkas Edy  

MARKETEERS X








To Top