Technology

Potensial Jadi Minicorns, Chilibeli Raih Tracxn Emerging Awards

Photo Credits: Chilibeli

Satu lagi pencapaian yang diraih platform perniagaan sosial di bidang pemasok produk kebutuhan rumah tangga dari para petani, Chilibeli. Startup tersebut menyabet Top Online Grocery Tech Startups dari Tracxn Emerging Awards sebagai perusahaan dengan kinerja teratas dalam kategori Perniagaan Pangan Online dari seluruh dunia. Tracxn menganalisis, Chilibeli berpotensi menjadi Unicorn dalam jangka panjang (Minicorn).

Peringkat ini didasarkan pada analisis terperinci oleh tim internal Tracxn spesialis sektor yang digabungkan dengan beberapa informasi umum sebagai tolok ukur dalam menilai kinerja perusahaan. Mulai dari ukuran pasar, angka investasi oleh investor terkemuka, keunggulan eksekusi, serta prospek pertumbuhan masa depan.

Tracxn Emerging Awards sendiri merupakan inisiatif Tracxn untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan global terkemuka di seluruh sektor.

Selain dari perusahaan Unicorn yang terkenal, Tracxn juga mengenali perusahaan yang dapat segera menjadi Unicorn (Soonicorns), serta perusahaan yang berpotensi menjadi Unicorn dalam jangka panjang (Minicorns), seperti Chilibeli.

“Penghargaan ini merupakan bukti komitmen ketekunan dan kegigihan Chilibeli untuk terus mengembangkan komunitas Chilibeli yang berpotensi besar di Indonesia. Saya berharap Chilibeli dapat bertumbuh secara eksponensial menjadi bisnis perniagaan sosial berbasis komunitas yang kuat, yang dioperasikan oleh tim berdedikasi dalam menangani masalah sosial, logistik, dan ekonomi di Asia Tenggara, ” terang Alex Feng, CEO Chilibeli di Jakarta, Senin (13/04/2020).

Menilik model bisnis yang diusung Chilibeli, perusahaan ini memposisikan diri sebagai platform yang menghadirkan produk-produk segar dan berkualitas bagi setiap rumah tangga dengan harga terjangkau.

Chilibeli mencoba memangkas proses distribusi panjang untuk memberdayakan petani atau produsen dengan para konsumen.

“Saat ini, masih banyak ibu rumah tangga yang pergi berbelanja bahan pangan di pasar tradisional. Sementara itu, banyak pasar tradisional yang masih berada dalam kondisi buruk. Chilibeli menawarkan pengalaman berbelanja bahan makanan secara mudah dengan pendekatan berbasis komunitas,” ungkap Alex.

Chilibeli mengakuisisi ibu rumah tangga untuk menjadi Mitra Chilibeli dan memberdayakan mereka untuk tidak hanya berbelanja sendiri, melainkan juga membantu orang lain dengan membuka komunitas yang terdiri dari tetangga mereka.

Alhasil, sejak didirikan, kinerja Chilibeli menunjukkan pertumbuhan 150% setiap bulan. Hingga saat ini, Chilibeli telah menciptakan 300 lapangan pekerjaan langsung dan ribuan lapangan pekerjaan tak langsung bagi para Mitra Chilibeli di Indonesia.

MARKETEERS X








To Top