Praktik Bisnis Mowilex Tekankan Keberlanjutan Lingkungan

marketeers article
Praktik Bisnis Mowilex Tekankan Keberlanjutan Lingkungan. (Mowilex)

PT Mowilex Indonesia (Mowilex) menegaskan komitmennya dalam praktik bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Komitmen ini dibuktikan lewat sertifikasi Green Label Indonesia (GLI) peringkat GOLD dari Green Product Council Indonesia (GPCI).

Sebanyak 17 produk interior dan eksterior Mowilex Professional lolos sertifikasi ini, menandakan keberhasilan perusahaan dalam berbagai aspek penilaian yang ketat.

BACA JUGA: Langkah Keberlanjutan Mowilex di Industri Cat dan Pelapis

Beberapa aspek yang menjadi pertimbangan GPCI dalam memberikan sertifikasi meliputi kualitas produk yang tidak mengandung bahan metal berbahaya seperti logam berat dan timbal, serta pengujian kadar Volatile Organic Compound (VOC) yang sangat rendah, yakni di bawah 50g/L.

Standar ini sesuai dengan batas ketat yang dikeluarkan oleh Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat. Selain itu, penilaian juga mencakup efisiensi energi dan air, dengan Mowilex menghemat konsumsi listrik hingga 25,73% dan air hingga 19,37% dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Langkah Keberlanjutan Mowilex di Industri Cat dan Pelapis

Aspek lain yang dinilai termasuk sistem manajemen lingkungan yang telah tersertifikasi ISO 14001 dan pengelolaan limbah sesuai standar yang ditetapkan. Semua aspek ini diuji dan diaudit oleh PT IAPMO Indonesia untuk memastikan bahwa produk memenuhi standar tertinggi untuk meraih peringkat GOLD dalam sertifikasi GLI.

Yudiono, Chairman GPCI mengapresiasi konsistensi Mowilex dalam menerapkan praktik berkelanjutan dan memberikan produk terbaik bagi konsumen.

“Kita tidak hanya perlu menjadi konsumen cerdas, tetapi juga ikut bertanggung jawab terhadap lingkungan. Pilihan produk ramah lingkungan dalam produk cat bukan sekadar tentang membuat rumah menjadi indah, tapi juga menjaga keberlangsungan lingkungan yang kita tinggali,” kata Yudiono.

Pembaruan sertifikasi ini melibatkan 17 produk Mowilex, dengan sepuluh di antaranya adalah produk baru seperti Cendana Pro CN-261 dan Mowilex Pro E-1100. Produk-produk berkualitas tinggi dan ramah lingkungan ini digunakan dalam proyek-proyek besar skala nasional dan internasional, termasuk Jakarta International Stadium (JIS) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Mowilex juga dikenal sebagai perusahaan manufaktur pertama di Indonesia yang mengantongi sertifikat netral karbon dari Climate Impact Partners dan sertifikasi Singapore Green Label dari The Singapore Green Labelling Scheme (SGLS) untuk produk-produk ritel utama.

“Keberhasilan dalam melewati pengujian standar Green Label Indonesia dengan peringkat GOLD adalah kebanggaan bagi perusahaan kami. Ini membuktikan bahwa kami memiliki produk-produk ramah lingkungan dan berdedikasi tinggi dalam tanggung jawab terhadap lingkungan,” ujar Niko Safavi, CEO Mowilex.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related