Presiden Joko Widodo Resmikan Pembangunan Astra Biz Center-IKN

marketeers article
Presiden Joko Widodo Resmikan Pembangunan Astra Biz Center-IKN. (Astra)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Astra Biz Center-IKN di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (4/6/2024). Langkah ini menunjukkan komitmen Astra untuk mendukung IKN menjadi Ibu Kota yang inklusif, hijau, dan berkelanjutan.

Pembangunan Astra Biz Center-IKN selaras dengan konsep Forest City IKN, yang menekankan keseimbangan antara pembangunan kota dan kelestarian alam.

BACA JUGA: Jajaki Peluang Investasi, Dubes Denmark Berkunjung ke IKN

“Astra Biz Center-IKN merupakan wujud nyata Astra untuk turut berkontribusi dalam membangun dan mengembangkan IKN sebagai kota hutan lestari dan kota yang layak huni dan dicintai, yang sejalan dengan visi Ibu Kota Nusantara,” kata Rudy, Direktur Astra dalam laporannya.

Dibangun di atas lahan seluas 3,4 hektare, Astra Biz Center-IKN dirancang sebagai kompleks terpadu yang mengintegrasikan berbagai layanan dari 11 merek perusahaan Grup Astra.

BACA JUGA: 5 Film Bertema Pendidikan, Cocok Ditonton saat Hardiknas

Merek-merek tersebut meliputi Astra Motor, Auto2000, Astra Daihatsu, FIFGROUP, Asuransi Astra, ACC, TAF, United Tractors, ASTRA Infra, SERA, dan Astra Property. Dengan konsep one stop service, pusat ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi Astra dalam memajukan sentra bisnis serta mendorong pertumbuhan ekonomi setempat.

Astra Biz Center-IKN akan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan dan memudahkan akses masyarakat terhadap produk mobilitas kendaraan roda empat dan roda dua Astra, lengkap dengan berbagai layanan pendukungnya.

Desain green building setinggi dua lantai yang diterapkan dilengkapi dengan pencahayaan alami, material ramah lingkungan, dan peralatan hemat energi, serta memaksimalkan penghijauan. Selain itu, desain yang pedestrian-oriented mengutamakan kenyamanan pejalan kaki dengan gaya inklusif dan futuristik, sejalan dengan konsep kota masa depan. 

Astra Biz Center-IKN adalah Astra Biz Center ketiga di Indonesia, setelah Bandung (2011) dan BSD, Tangerang Selatan (2017). Komitmen Astra dalam mendukung pembangunan IKN juga tercermin dalam upaya di bidang pendidikan. 

Melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim, Astra sedang merevitalisasi Sekolah Dasar Negeri 020 Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara. Astra juga membina 11 sekolah dasar dan dua sekolah tingkat SMK di kawasan IKN untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan murid berkualitas.

Sebagai bagian dari Konsorsium Nusantara, Astra turut terlibat dalam pembangunan Nusantara Botanical Garden dengan prosesi groundbreaking yang dilaksanakan pada hari yang sama. Semangat Astra untuk mendukung pembangunan Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related