Presiden Jokowi: Infrastruktur Jalan Dukung Daya Saing Komoditas Lokal

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
04 Februari 2022
marketeers article
Presiden Joko Widodo menekankan kebutuhan infrastruktur jalan raya untuk meningkatkan daya saing komoditas lokal. Hal tersebut disampaikan Presiden saat melakukan kunjungan kerja, dalam rangka meninjau penanganan jalan Liang Melas Datas yang berada dalam wilayah Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Jumat (4/2/2022).
Pengembangan infrastruktur jalan yang ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi, diharapkan membantu meringankan biaya logistik bagi komoditas lokal yakni buah jeruk. Dengan berkurangnya ongkos di luar produksi tersebut, harga jeruk hasil upaya petani lokal dapat bersaing dengan komoditas serupa yang didatangkan melalui jalur impor.
“Kita harapkan dengan adanya perbaikan jalan produksi ini, struktur biaya terutama untuk ongkos logistik, biaya logistik menjadi jatuh. Akhirnya jeruknya bisa dikirim ke semua kota dengan harga yang kompetitif, tidak kalah dengan jeruk impor,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan resmi yang diunggah di laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.
Perbaikan infrastruktur berupa jalan di kawasan sentra produksi jeruk tersebut, tidak hanya mendongkrak daya saing komoditas lokal. Dampak jangka panjangnya adalah peningkatan keuntungan, sehingga mampu mengangkat kesejahteraan petani jeruk lokal yang ada di kawasan Kabupaten Karo, Sumatera Utara tersebut.
Kegiatan penanganan infrastruktur jalan Liang Melas Datas yang menjadi jalur utama distribusi komoditas lokal yakni buah jeruk itu, menghabiskan biaya Rp 164,8 miliar. Data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebut penanganan jalan berlangsung sepanjang 37,2 kilometer dengan masa pelaksanaan Tahun Anggaran 2022-2023.
Bentuk penanganan infrastruktur jalan yang berpengaruh pada daya saing komoditas lokal tidak akan berhenti pada proyek di Karo tersebut. Presiden menyebut terdapat 40 ribu kilometer jalan pendukung produksi yang membutuhkan perbaikan, sehingga dapat berdampak kepada penghitungan struktur biaya jual dari kalangan petani maupun pelaku usaha kecil.
Tidak hanya memerintahkan penanganan jalan di berbagai daerah, Presiden juga menekankan daya saing komoditas lokal bisa ditingkatkan dari segi kemasan hingga citra lain, sehingga menambah nilai jual. Hal tersebut bisa dilakukan dengan merancang kemasan dalam bentuk lebih baik, membangun brand kuat terkait komoditas lokal, dan menekankan pengawasan kualitas oleh petani hingga disalurkan ke konsumen.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related