Digital

Pricing dan Membangun Pengalaman, Strategi Startup Edukasi Harisenin.com

Harisenin.com

Berdasarkan statistik pendidikan tinggi Indonesia, setiap tahun Indonesia menghasilkan lebih dari 1,7 juta sarjana baru. Namun, pertumbuhan jumlah sarjana baru tidak diiringi dengan skill yang dibutuhkan banyak perusahaan di era digital ini. Kesenjangan ini yang dilihat Co-Founder dan CEO harisenin.com Mirza Saputra.

Mirza mengungkapkan bahwa sudah banyak artikel dan penelitian yang membahas persoalan skill gap di Indonesia. Jumlah pengangguran yang terus meningkat tak terhindarkan. Kondisi ini semakin parah dikarenakan efek pandemi. Tercatat, pada tahun 2021 jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak lebih dari 8 juta sarjana, meningkat 26,3% dibanding tahun 2020.

Sayangnya ketika kita ingin belajar, banyak solusi pendidikan non-formal yang ditawarkan saat ini sangat mahal sehingga tidak dapat diakses oleh sebagian besar anak muda di Indonesia dengan latar belakang ekonomi menengah ke bawah.

“Harisenin.com hadir dengan misi untuk meningkatkan kesejahteraan generasi muda melalui pendidikan yang dapat diakses dan dijangkau,” kata Mirza di dalam laporan tertulisnya.

Pada akhir tahun 2020, Harisenin.com dirintis oleh empat orang anak muda yang memiliki keresahan yang sama yaitu, Mirza Saputra (CEO) yang merupakan mantan Konsultan di EY Indonesia; Dyo Fathu Rahman (CMO) yang berpengalaman sebagai marketeer di berbagai startup terkemuka seperti Zomato, Qraved, dan Cashbac; lalu Kezia Manege (COO) yang berpengalaman sebagai Konsultan di KPMG dan Analyst di Gojek; dan terakhir Irfan (CTO) yang berpengalaman sebagai produk dan IT developer di beberapa startup di Indonesia.

Menjawab persoalan pendidikan yang sulit dijangkau, Harisenin.com menawarkan solusi belajar secara gratis melalui program harisenin mini school, dan apabila ingin mendalami suatu keahlian dapat mengikuti skill bootcamp selama 3-6 Bulan yang biayanya mulai dari Rp 500.000 sampai dengan Rp 3.500.000.

Beberapa program yang disediakan di harisenin skill bootcamp adalah Digital Marketing, Business Development, UI/UX & Product Manager, Full Stack Developer, Tax Analyst, Audit, Financial Analyst, dan masih banyak kategori lain yang akan diluncurkan ke depannya.

Pembayarannya juga dapat diangsur secara bulanan tanpa bunga sehingga sangat memudahkan bagi mahasiswa atau fresh graduate yang ingin belajar.

“Kami juga sering memberikan potongan harga dan mengadakan program beasiswa bagi teman – teman pelajar yang ingin belajar dan memiliki keterbatasan biaya. Fokus kami adalah bagaimana generasi muda Indonesia bisa sukses dan hidup sejahtera terlepas dari latar belakang dan kemampuan finansial mereka,” lanjut Mirza.

Saat ini harisenin.com telah mengedukasi lebih dari 20.000 pelajar di seluruh Indonesia dan mengklaim bertumbuh 250% setiap bulannya. Selain harga yang ekonomis, harisenin.com juga memberikan banyak manfaat, antara lain metode belajar yang human-centered dan interaksi dua arah, kurikulum yang up-to-date dan fun, real-work project, konsultasi dan pelatihan karier, job guarantee, money back guarantee 100%.

Selain itu, harisenin.com juga memberikan edukasi cara mengatur keuangan, dan kesehatan mental di lingkungan kerja.

MARKETEERS X








To Top