Public Speaking: Kompetensi Penting untuk Tingkatkan Jenjang Karier

marketeers article
public speaking | sumber: 123rf

Public speaking selalu dibutuhkan di mana pun Anda berada. Selama Anda masih bisa berinteraksi dan berkomunikasi, maka public speaking patut untuk Anda kuasai, apalagi dalam dunia karier.

Public speaking sering kali dijadikan sebuah alat untuk menunjukkan kualitas diri, meningkatkan percaya diri, mengemukakan pendapat, hingga memengaruhi orang lain. Untuk dapat memiliki public speaking yang baik, Anda dapat menyimak penjelasan singkat mengenai public speaking pada artikel ini.

Apa itu public speaking?

Dilansir dari ThoughtCo., public speaking adalah presentasi oral yang mana pembicara berbicara kepada audiens. Sementara itu, menurut Merriam-Webster, public speaking adalah sebuah seni atau proses untuk berbicara di depan umum. 

Dari pengertian tersebut, public speaking yang sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan melakukan pidato atau orasi saja. Berbicara di depan umum juga berarti aktivitas untuk memimpin sebuah rapat, melakukan sales pitch, mengajar murid, dan apa pun itu yang membawa Anda untuk menjadi seorang komunikator di depan banyak orang.

BACA JUGA: 5 Tips Membangun Team Works agar Tim Menjadi Solid dan Kompak

Pentingnya public speaking dalam dunia karier

Jika Anda berpikir tentang dunia karier, coba pikirkan berapa banyak situasi yang menuntut Anda untuk melakukan public speaking? Tentu banyak sekali, bukan?

Kemampuan untuk berbicara di depan umum penting digunakan ketika Anda harus membagikan ide, mengungkapkan pendapat, atau menunjukkan kapabilitas diri Anda. Anda perlu berkomunikasi dengan efektif dalam sebuah meeting atau saat melakukan report sebuah proyek. 

Berbicara di depan umum adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mendapatkan perhatian, terutama dari bos Anda. Ketika keberadaan dan kualitas Anda dapat dirasakan, maka Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk dipromosikan untuk posisi tertentu.

Jika ingin menjadi seorang manajer, Anda tidak perlu mengatakan bahwa Anda ingin menjadi manajer. Anda hanya perlu menunjukkan kualitas Anda saat memimpin sebuah rapat, melakukan presentasi bersama jajaran direksi, atau menyampaikan ide solusi yang dikemas semenarik mungkin. 

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan jenjang karier Anda, memiliki public speaking yang baik adalah langkah yang tepat. 

Metode public speaking

Berikut beberapa metode yang bisa Anda terapkan saat berbicara di depan umum:

Impromptu, yaitu berbicara langsung tanpa persiapan, artinya dibuat pada saat itu juga. Umumnya dapat dilakukan oleh para profesional.

– Manuskrip, yaitu berbicara dengan menggunakan naskah materi yang telah disiapkan sebaik mungkin. Biasanya digunakan oleh pejabat negara dalam acara resmi dan formal.

Memorized, yaitu menghafal skrip kata demi kata yang akan disampaikan kepada audiens. Teknik ini membutuhkan daya ingat dan tingkat fokus yang tinggi.

Extempore, yaitu berbicara hanya dengan outline atau poin-poin penting saja. Banyak digunakan oleh para profesional untuk mengurangi risiko kesalahan saat presentasi.

BACA JUGA: Tunjukkan Kualitas Diri dengan Elevator Pitch yang Memukau

Cara melatih public speaking

Dilansir dari Cleverism, berikut tiga cara melatih kemampuan berbicara di depan umum yang bisa Anda lakukan:

1. Persiapkan dengan latihan

Setelah Anda menyiapkan materi presentasi atau pidato, Anda bisa menambahkan berbagai contoh, cerita, alat peraga visual, video pelengkap atau apa pun yang bisa membuat presentasi Anda menarik untuk didengar. 

Persiapan terpenting ada pada bagaimana latihan Anda. Anda bisa melatih diri Anda sendiri di depan cermin atau meminta bantuan rekan Anda untuk memberikan evaluasi. Makin sering Anda berlatih, kepercayaan diri Anda akan kian meningkat. 

Dengan berlatih, Anda bisa mengetahui apakah penyampaian Anda masih kurang, sudah baik, perlu mengganti kata, menentukan gestur yang tepat, atau memberikan intonasi dan penekanan pada kalimat tertentu. 

Ini akan membuat Anda menjadi lebih siap saat berbicara di depan umum. 

2. Kenali diri Anda

Mencari tahu siapa diri Anda, apa kekuatan dan kelemahan diri Anda adalah penting. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara depan umum, mungkin Anda sering kali mencontoh public speaker lain yang jauh lebih expert. 

Hal tersebut tidaklah salah jika sebagai awalan. Namun, sebenarnya cara terbaik untuk bisa menjadi public speaker yang kredibel adalah dengan menjadi diri sendiri. 

Tonjolkan kekuatan dan keunikan diri Anda. Anda bisa memasukkan berbagai cara menarik untuk menyampaikan pesan, mungkin dengan cerita humor, cerita menyentuh hati, kalimat motivasi, atau analogi. Apa pun kekuatan Anda, maksimalkan potensi tersebut sebaik mungkin.  

3. Terbuka dengan feedback

Feedback bisa Anda dapatkan dari pendengar Anda, rekan Anda, atau mentor Anda. feedback ini bahkan bisa Anda rasakan saat Anda menyampaikannya di atas panggung.

Anda bisa mengenali bagaimana reaksi pendengar Anda, mimik wajah, dan bagaimana cara mereka merespon apa yang Anda sampaikan. Lakukan improvisasi atau trik tertentu untuk membantu Anda dalam meningkatkan keterampilan public speaking ini. Ini tentu tidak mudah dan butuh jam terbang yang tinggi. 

BACA JUGA: Buat Interviewer Terpukau dengan 5 Tips Interview Kerja Berikut Ini!

Demikianlah penjelasan mengenai public speaking mulai dari pengertian, metode, kegunaannya dalam dunia karier, hingga tips yang bisa Anda lakukan.

Berbicara di depan umum tidak hanya sekadar bicara, Anda perlu memahami teknik, situasi, pesan, dan audiens Anda agar dapat tersampaikan dengan baik.

Menjadi public speaker yang andal tidaklah tercipta dalam sekejap saja, perlu jam terbang yang memadai sebagai bekal pengalaman untuk terus memperbaiki diri. 

Editor: Ranto Rajagukguk

Related