Consumer Goods

Pulihkan Ekonomi dengan Gerakan Kembali ke Toko Kelontong

Sumber 123rf.com

Toko kelontong memiliki peran membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-sehari. Selain keberadaannya yang dekat dengan domisili masyarakat, produk-produk kelontong biasanya cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan pokok.

SRC Indonesia menginisiasi kampanye #KembaliKeKelontong dengan tujuan untuk mengajak masyarakat luas belanja di toko kelontong masa kini. Tentunya dengan cara mudah dan efisien yang didukung teknologi.

Kampanye ini diharapkan dapat menggerakkan sistem ekonomi kerakyatan. Mengingat toko kelontong merupakan bagian dari usaha mikro kecil dan menengah (UKM) yang selama ini memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional.

Direktur PT SRCIS Rima Tanago menjelaskan kampanye #KembaliKeKelontong yang juga merupakan bagian dari kampanye sebelumnya #DekatBerdampak ini bertepatan dengan hari Ulang Tahun SRC yang ke-13.  “SRC Indonesia berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk masyarakat luas. Semangat inilah yang kami tularkan kepada mitra bisnis dan komunitas. Hingga khirnya dapat memperkuat ekonomi masyarakat secara mandiri,” ujar Rima.

SRC melakukan inovasi dalam bentuk aplikasi AYO Kelontong yang memiliki banyak fitur baru. Aplikasi ini memungkinkan pengguna dapat terhubung dengan seluruh jaringan SRC yang ada di Indonesia.

“SRC bertumbuh dari masa ke masa, bertransformasi dan menjangkau seluruh kalangan terutama generasi muda dengan menciptakan pengalaman belanja yang nyaman. Aplikasi ini memungkinkan penjual dan pelanggan semakin dekat. AYO Kelontong bukan sekadar aplikasi, namun sebuah gerakan sosial yang mendukung pertumbuhan toko-toko ritel lokal di Indonesia,” katanya.

Aplikasi AYO Kelontong menghadirkan aneka fitur, seperti pesan antar, tantangan, main bareng, kupon, voucer, dan sebagainya. Selain itu, SRC juga menghadirkan tas belanja yang dikreasikan dengan kolaborasi bersama Hari Merdeka, seorang ilustrator Indonesia yang giat mengangkat tema Indonesia dalam karya-karyanya. Tas belanja ini akan  merepresentasikan perjalanan SRC selama 13 tahun berkontribusi untuk Indonesia.

“Inilah yang menjadi landasan kami memilih tas sebagai simbol transformasi dan kolaborasi SRC Tas menjadi bagian tidak terpisahkan dari toko kelontong. Kami memilih tas berbahan ramah lingkungan,” katanya.

Untuk mewujudkan gerakan ini, SRC berkolaborasi dengan banyak pihak. Bersama Kitabisa.com yang menggelar kampanye #BisaUsaha, SRC ikut membantu UKM Indonesia meningkatkan kemampuan usahanya. SRC Indonesia akan memberikan dukungan untuk menyebarkan kampanye melalui website dan aplikasi digital.

Rima menambahkan untuk mendukung kampanye #KembaliKeKelontong, SRC menggelar serangkaian kegiatan yang diikuti oleh mitra SRC Indonesia dan masyarakat umum. Misalnya, “Kembali Ke Kelontong Talkshow” pada 29 Mei 2021 lyang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sandiaga mengapresiasi kolaborasi mendukung pengembangan toko kelontong ini. “UKM sangat membutuhkan sentuhan yang menggerakkan perekonomian. Keberpihakan SRC Indonesia kepada pelaku UKM selaras dengan program pemerintah yang menjadikan sektor ekonomi kreatif sebagai penopang perekonomian nasional. Hal ini bisa dimulai dari toko kelontong,” kata Sandiaga.

 

MARKETEERS X








To Top